Ukuran Bulan Semakin Mengecil, Ini Penyebabnya!

Please log in or register to like posts.
News
Untuk kamu yang punya impian untuk ‘berlibur’ ke Bulan, sepertinya kamu harus mempercepat rencanamu mulai dari sekarang. Tahukah kamu, diameter Bulan saat ini mengalami penyusutan sekitar 45 meter. Hal ini disampaikan oleh sebuah penelitian yang dibiayai oleh NASA. Hmm, penyebabnya apa ya?
Menurut penelitian tersebut, Bulan memiliki inti yang dingin. Akibat hal tersebut, Bulan cenderung akan menyusut dan menyebabkan permukaan Bulan yang keras mengalami keretakan dan membentuk garis-garis retakan. Kemudian akibat penyusutan dan retakan tersebut, Bulan mengalami gempa atau disebut sebagai moonquake.

Pengecekan ini lakukan langsung oleh sejumlah astronot dengan meletakan beberapa alat ukur seismometer di permukaan Bulan dalam beberapa misi perjalanan. Kemudian bukti ini juga diperkuat oleh berbagai foto yang diambil dari satelit milik beberapa agensi luar angkasa.
Thomas Watters, peneliti senior di Center for Earth and Planetary Studies di Smithsonian’s National Air and Space Museum menganalisa, Bulan akan terus menyusut karena suhu Bulan semakin dingin dan aktivitas gempa masih terus terjadi. Bahkan moonquake dapat memiliki getaran yang cukup kuat, yakni 5 skala richter.
Bagaiana menurut kalian? Yuk, diskusi di kolom komentar!
(YS)
Cover: BBC

Reactions

0
0
0
1
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *