Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Rentan Terserang Penyakit. Ubah Dari Sekarang, Yuk!

Please log in or register to like posts.
News
Setiap dari kita pasti memiliki definisi joroknya sendiri. Ada yang menganggap jorok orang yang ngupil sembarangan atau orang nggak cuci tangan setelah pipis. Eww… Nggak banget deh! Dari semua contoh tadi, kita tahu kalau itu menjijikan dan pastinya kita akan jaga jarak dengan orang-orang seperti ini.
Tapi tahu nggak sih, ternyata ada hal yang nggak kita sadari kalau sebenarnya itu menjijikan. Dan lebih parahnya lagi, kebiasaan ini sudah dianggap wajar di lingkungan kita, khususnya di Indonesia, lho. Daripada bertanya-tanya, simak 4 fakta mengenai kebiasaan-kebiasaan jorok yang nggak disadari masih kita lakukan.
Nggak cuci tangan setelah memegang eskalator
Saat kamu lagi naik eskalator, nggak sadar kamu memegang handrails yang ada di eskalator untuk menjaga keseimbangan. Namun nggak cuma kamu lho yang suka megang handrails eskalator. Faktanya, 8 dari 10 orang yang naik eskalator secara nggak sadar juga memegang handrails yang sama. Apa jadinya dari 8 orang tersebut ada, ada yang nggak cuci tangan setelah pipis? Sebanyak apa kuman yang ada di handrails yang kamu pegang? Dan mengerikannya, petugas pembersih gedung juga dinilai sangat jarang membersihkan handrails karena mereka anggap nggak kotor.
Minum langsung dari kaleng minuman
Meski kelihatan bersih, tapi coba kita sama-sama bayangkan. Minuman kaleng ini diproduksi dalam pabrik. Memang sih semua dikerjakan sama mesin-mesin yang sudah diuji secara klinis dan higienis. Tapi bagaimana dengan proses distribusinya? Berapa orang yang saling oper minuman ini, mulai dari pengangkutan dari pabrik, sampai ke rak-rak supermarket. Belum lagi, debu-debu yang menempel sama kaleng-kaleng ini akibat disimpan dalam gudang stok dalam waktu nggak bisa diprediksi. Atau yang lebih menyeramkan lagi, nggak menutup kemungkinan ada tikus atau kecoa yang menapaki jejaknya atau sekedar pipis di atas kaleng-kaleng ini dalam gudang. Sepertinya kamu harus pikir-pikir lagi deh kalau mau minum langsung dari kalengnya.
Prinsip 5 detik pas makanan jatuh
Hmm… meski sudah ada yang berhasil membuat prototype hoverboard atau menciptakan robot Atificial Intelligent menyerupai manusia, ternyata pemikiran ‘primitif’ ini masih ada, lho. Gimana nggak primitif, memang jika makananmu terjatuh, kuman, bakteri dan virus akan menahan teman-temannya dan berkata, “Sabar, bro! Belum 5 detik! Nggak boleh dimakan dulu!”
Tukaran peralatan mandi dan kosmetik
Saat sedang menginap di rumah saudara atau temanmu, masih adayang suka berbagi handuk, sikat gigi, atau make up? Kalau ada, kamu harus hentikan kebiasaan ini. Memang sih hal ini bisa juga menjadi pertanda kalau hubunganmu dengan teman atau saudara kamu sudah deket. Tetapi, hal ini merupakan hal yang jorok dan jelas berbahaya, lho. Secara nggak sadar, kamu mentransfer kuman dan bakteri yang ada pada kulit temanmu ke kulit kamu. Dan tentunya, bakteri yang ada dalam kulit temanmu belum tentu aman untuk tubuh kamu, dan sebaliknya. Bisa jadi jerawatan atau masalah-masalah kulit yang lebih serius lainnya terjadi pada wajah dan tubuh indahmu. Lebih baik bawa semua peralatan kamu sendiri ya.
Gimana menurut kamu, apa aja sih kebiasaan-kebiasaan jorok yang nggak sadar masih dilakukan oleh kebanyakan orang? Tulis di komentar ya!
(YS)
Cover: blog.goodnessmebox.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *