Terbukti Mencuri Artwork, Desainer Xiaomi Dipecat

Please log in or register to like posts.
News
Belum lama ini, Xiaomi dilaporkan karena ketahuan mencuri artwork untuk promo produknya di Spanyol. Nggak cuma 1, tapi 3 karya dicuri dari seorang 3D artist bernama Peter Tarka. Dan konyolnya lagi, karya yang dicurinya berasal dari bahan promosi produk brand kompetitornya, yakni LG.
Peter Tarka menjelaskan, karya-karyanya tersebut dibuat pada bulan Mei 2018. “Aku yakin 100 persen mereka menggunakan karyaku karena semuanya terlihat sama persis. Mereka hanya mengubah saturasi dan mengganti beberapa elemen supaya tidak kentara,” jelas Peter, dilansir dari The Verge.
Setelah sebelumnya nggak ada kabar, Xiaomi akhirnya mengakui perbuatannya dan memecat sang desainer yang terbukti melakukan pencurian karya. Selain itu, Xiaomi pun telah menghapus konten tersebut dari situs terkait.
Source: theverge.com
Atas kesalahan ini, Xiaomi pun mengaku telah menghubungi Peter Tarka sebagai pihak yang dirugikan dan menyampaikan permintaan maafnya secara langsung. Berikut pernyataan Xiaomi:
“Xiaomi menyampaikan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya kepada Peter Tarka atas ketidaktelitian perusahaan kami, terkait proses penyetujuan konten. Tindakan yang dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan bertentangan dengan nilai-nilai yang dipegang teguh oleh Xiaomi sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual.”
Nggak cuma sekali, seenggaknya ini merupakan perbuatan plagiarisme kedua yang dilakukan Xiaomi. Sebelumnya Xiaomi juga terbukti mengambil signature wallpaper sand dunes dari macOS Mojave milik Apple. Hmm… nggak kapok-kapok ya perusahaan asal Tiongkok ini.
(YS)
Cover: theverge.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *