Tahun 2020, Pulau Komodo Resmi Ditutup Setahun

Please log in or register to like posts.
News
Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur mengumumkan, per Januari 2020 pulau Komodo akan ditutup dan bebas turis selama 12 bulan kedepan. Alasannya, pulau ini terlalu banyak dikunjungi turis. Saking banyaknya, topografi pulai berubah, jumlah rusa berkurang, dan akhirnya komodo semakin kerempeng karena kekurangan buruan alaminya.
Selain itu, keputusan ini sangat cepat diambil karena pencurian hewan eksotis ini sangat marak terjadi. Bahkan menurut laporan Polda Jawa Timur akhir pekan lalu, mereka baru saja berhasil menggagalkan aksi pengiriman 41 komodo dari Labuan Bajo lewat jalur laut ke luar negeri lewat pelabuhan Surabaya. Penyelundup menghargai komodo dengan Rp500.000.000 per ekor. Dari 41 komodo tersebut, ada 5 bayi komodo diantaranya.
Di sisi lain, jumlah rusa di kepulauan tersebut berkurang drastis lantaran maraknya pemburuan yang dilakukan oleh manusia. Kalau mau melihat kebelakang, sudah banyak insiden perusakan ekosistem komodo, baik sengaja ataupun nggak sengaja yang dilakukan oleh manusia nggak bernalar rasional. Mulai dari terbakarnya sabana di Pulau Gili Lawa akibat foto prewedding yang nggak bertanggung jawab, ulah wisatawan dan pemandu wisata yang memancing komodo mendekat ke bibir pantai, hingga eksploitasi komodo untuk kepentingan film atau video klip.
Sangat menyedihkan, karena saat ini komodo sudah dikategorikan sebagai hewan ‘critically endangered’ dalam planet ini oleh UNESCO. UNESCO mencatat, tinggal 5.700 ekor komodo saja yang di seluruh dunia dan semuanya hanya ada di tiga pulau di NTT, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Lawar.
Penutupan sementara ini diharapkan bisa menormalkan situasi, setidaknya memulihkan habitat asli komodo di pulau ini. Namun jika memang ingin melihat komodo secara langsung dalam periode tersebut, kamu masih bisa berkunjung ke pulau Rinca dan Lawar, dimana kedua pulau tersebut adalah Taman Nasional dan penangkaran binatang eksotis tersebut.
(YS)
Cover: Youtube

Reactions

0
0
0
0
2
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *