Image and video hosting by TinyPic

Sulit Nabung? Ini Tips Mengatur Keuangan untuk Milenial

Please log in or register to like posts.
News
Yuk, berandai-andai! Bayangkan saat ini kamu sedang sekolah atau kuliah di luar kota. Dengan biaya yang terbatas, kamu harus membayar kos, biaya makan sehari-hari dan kebutuhan-kebutuhan lain untuk tugas sekaligus lifestyle-mu. Bahkan pekerjaan part-time yang kamu lakukan kok rasanya nggak cukup untuk menabung, ya. Hmm, bisa jadi, ada yang salah dengan cara mengatur keuanganmu.
Menurut finacial planner M. Andoko, M.M., CFP, QWP, AEPP, masalah terbesar dalam keuangan milenial adalah pengeluaran yang melebihi pendapatan, alias boros. Ya, nggak bisa dipungkiri, kita sebagai anak muda pasti memiliki banyak keinginan, mulai dari hobi, fashion, dan gaya hidup. Namun kalau nggak dikontrol, semua kesenangan ini nggak lagi jadi menyenangkan saat keuangan kamu berantakan, apalagi kalau sudah terlilit utang.
Nah, daripada bingung nggak karuan, ini beberapa tips yang bisa kita sebagai anak milenial lakukan untuk mengatur keuangan.
Mencatat semua pengeluaran dan pendapatan
Catatlah semua pengeluaran dan pendapatan yang kamu lakukan setiap harinya. Nah, caranya adalah menyimpan struk belanjaan dan mencatatannya di akhir bulan. Tapi kalau kamu merasa ribet dengan buku dan catatan, kamu bisa gunakan dompet digital sebagai catatan pembelanjaan kamu. Banyak kok aplikasi-aplikasi yang memudahkanmu dalam mencatat pengeluaranmu, salah satunya “Money Lover”.
Atur pos-pos keuangan
Biar bisa menabung sekaligus memenuhi gaya hidup dan kebutuhanmu, kelompokkan alokasi uang yang kamu dapatkan setiap bulannya. Misalnya ada pos untuk tabungan, untuk biaya hobi, untuk transportasi, untuk makan dan lain-lain.
Miliki asuransi
Menurut Andoko asuransi itu penting, namun biasanya milenial malas berasuransi. Menurutnya, asuransi ini merupakan bagian dari pengaturan keuangan yang efektif. Jika melihat masa depan, misalnya di usia 55 tahun saat sudah nggak bekerja, biasanya masalah kesehatan makin banyak dan memakan dana pensiun kita. Andoko menyarankan untuk membeli asuransi sebagai tabungan dana pensiun.
Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatur keuangan. Ingat, mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan sangat penting. Jadi, selamat menabung untuk masa depan yang lebih baik, ya!
(YS)
Cover: Freepik
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *