Suka Menulis? Ini 5 Platform Digital yang Bisa Jadi Langkah Awal Menulis!

Please log in or register to like posts.
News
Di Era Modern, hampir semua orang berpotensi jadi penulis. Ya, termasuk kamu. Coba pikirkan, seberapa banyak rangkaian caption yang kamu tulis dalam setiap post Instagram kamu, atau seberapa banyak curhatan hati yang kamu tuangkan dalam tulisan status-status Facebook atau Twitter kamu. Demi mendapatkan respons atau banyak like, kita berlomba-lomba untuk membuat caption atau status semenarik mungkin.
Jika kamu adalah salah satu orang seperti di atas, nggak ada salahnya untuk serius dan menekuni bidang penulisan, lho. Saat ini kita dimudahkan dengan berbagai platform digital untuk mulai menekuni hobi menulis, mulai dari ulasan seputar teknologi baru, review drama atau film, hingga pengalaman travelling. Tertarik mencobanya? Berikut adalah 5 situs web yang bisa kamu gunakan sebagai langkah awal menulis.
Source: siteground.com
WordPress
Hingga saat ini, WordPress adalah salah satu platform menulis yang paling banyak digunakan. Selain memiliki toolbar yang mudah dioperasikan, faktor utama yang membuat platform ini sangat populer adalah gratis. Tinggal membuat akun di wordpress.com, kamu bisa langsung menulis.
Source: medium.com
Medium
Jika kamu ingin fokus pada penulisan tanpa memusingkan pemilihan template dan sebagainya, kamu bisa menggunakan platform yang satu ini. Medium didirikan oleh Evan Williams, Co-founder Twitter. Kamu bisa bergabung dengan komunitas yang bisa diikuti oleh pengguna lain, mengubah layout dan menentukan judul konten. Medium merupakan platform yang paling tepat untuk penulis yang baru saja memulai dan ingin berkesperimen dengan dunia blogging.
Source: websitebuilderinsider.com
Wix
Wix adalah platform yang memberikan tampilan blog yang canggih tanpa harus memiliki pengetahuan profesional mengenai web-developing. Dalam Wix, kamu bisa menghias situs web dengan berbagai pilihan template desain yang sudah disediakan. Platform ini banyak digunakan oleh penulis yang ingin membuat dan mempercantik portfolio mereka.
Source: awwwards.com
Squarespace
Jika kamu sudah mampu membuat konten berkualitas, Squarespace akan memberikan fitur untuk merancang dan mengubah layout sesuai selera. Sedikit lebih rumit dari Wix, namun hasilnya jauh lebih menarik karena platform ini menyuguhkan dua tampilan untuk website-mu, yakni versi desktop dan versi mobile.
Source: theverge.com
Wattpad
Berbeda dari platform-paltform sebelumnya, Wattpad dapat menampung cerita-cerita fan-fiction dan karya-karya penulisan lain. Selain karya tulis, Wattpad juga menyediakan berbagai forum guna membantu para penulis untuk mencari referensi dalam penulisan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sampul ceritamu sendiri. Di Indonesia sudah banyak karya tulisan dari Wattpad yang dilirik oleh publisher, dijadikan buku fiksi dan dijual di pasaran.
Itulah 5 platform yang bisa menjadi wadah untuk menyalurkan hobi menulismu. Jangan terlalu banyak pertimbangan, karena kemampuan menulis akan terus berkembang selama kamu nggak berhenti untuk menulis. Semangat!
(YS/ERN)
Cover: pxhere.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *