Suka Mandi Lama-lama? Kata Medis, Kamu Sedang Kesepian!

Please log in or register to like posts.
News
Sekolah dari pagi, ada pelajaran olahraga, ikut ekskul sampai sore, keringatan seharian, wuih… pasti asyik banget kalau pulang langsung mandi dengan air dingin atau berendam air hangat. Kalau sudah begini, pasti butuh waktu lama untuk mandi, nih.
Tapi menurut penelitian, durasi mandi yang lama banget bisa menandakan kalau kamu sedang kesepian, lho. Dilansir dari LifeHack, The Psychology Deartement University of Chicago memaparkan, kesepian muncul karena adanya kesusahan seseorang ketika merasakan adanya perbedaan antara hubungan sosial yang ideal di sekitar kita.
Dengan kata lain, perasaan tersebut adalah rasa kecewa yang berujung pada kesepian. Untuk merespons rasa kecewa ini, kebanyakan orang akan menarik diri dari lingkungan sekitarnya.
Nah, menurut penelitian di Yale University, seseorang yang sedang kesepian akan lebih memilih mandi lama menggunakan air hangat dengan tujuan mengisolasi diri dalam kamar mandi untuk menangkal perasaan kesepian. “Semakin kesepian seseorang, semakin banyak sekaligus lama durasi mandi mereka. Semakin panas airnya, maka semakin lama mereka berada di kamar mandi tersebut,” kata peneliti dari Yale University psikolog John Bargh, PhD.
Fakta menarik lainnya: perasaan hangat atau dingin seseorang dalam bersosialisasi dapat mempengaruhi suhu tubuh kamu juga, lho. Jadi saat kamu merasa kesepian, tubuhmu akan merasa lebih dingin. Akibatnya kamu mencari pelarian dengan minum teh atau kopi hangat, selimutan, dan termasuk mandi menggunakan air hangat. Dan nyatanya, berendam di bath tube atau shower menggunakan air panas benar-benar memberikan semangat untuk kita, lho.
Jadi kalau lagi kesepian, ingat keluarga yang jauh karena jadi perantauan, kamu bisa coba mandi air hangat untuk menenangkan pikiran. Semangat, ya!
(YS)
Cover: elitedaily.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *