Sudah Diputuskan, 6 eSport Ini Resmi Diperlombakan dalam SEA Games

Please log in or register to like posts.
News
Dalam SEA Games 2019, Komite Persiapan SEA Games Filipina (PHISGOC) menetapkan eSport sebagai olahraga resmi. Ada 6 videogame yang bakal menjadi cabang olahraga resmi untuk memperoleh mendali pada SEA Games 2019, yakni NBA2K19, Tekken 7, DOTA 2, StarCraft II, Mobile Legends dan Arena of Valor.
Videogame League of Legends (LoL), FIFA, Heartstone, dan Clash Royale tidak dipertandingkan, meskipun beberapa videogame ini sempat masuk dalam rumor eSport yang bakal dipertandingkan.
Meskipun beberapa videogame ini juga sangat populer dalam pasar Eropa dan Amerika Serikat, Asia jadi pelopor yang menetapkan eSport sebagai olahraga kompetitif resmi.
Penyertaan eSport sebagai cabang olahraga dalam perlombaan antar negara ini bukanlah hal yang baru, meski pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia kemarin hanya dihitung sebagai pertandingan eksibisi. Kendati demikian, eSport sudah menjadi bintang dari beberapa cabang olahraga yang diperlombakan dalam ajang pertandingan bergengsi se-Asia ini.
Sayangnya, eSport tidak mungkin dipertandingkan dalam ajang turnamen Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Dilansir dari BBC, hal ini dikarenakan eSport berbentrokan dengan UU pidana anti-perjudian di Jepang. Pemerintah Jepang berpendapat, videogame online berpotensi menggunakan uang untuk memenangkan pertandingan (pay to win), padahal negara ini adalah pemimpin industri videogame di Dunia. Kendati demikian, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sedang mempertimbangkan eSport masuk dalam pertandingan eksibisi di Tokyo tanpa memperebutkan mendali.
Sama seperti kamu, 32 juta gamers di seluruh Asia Pasifik lainnya juga berharap bisa menonton atlet eSport favorit mereka saat bertanding dalam SEA Games 2019. Nah, ajang pertandingan se-Asia Tenggara ini akan diselenggarakan di berbagai kota di Filipina, dari 30 November sampai 11 Desember. Harapannya, semoga kamu bisa mempersiapkan diri untuk bertanding dan mengharumkan Tanah Air lewat prestasimu di cabang olahraga eSport, ya!
(ERN)
Cover: Line Today

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *