Sering Disepelekan, 4 Hal Ini Bisa Jadi Indikator kalau Kamu Sedang Stres

Please log in or register to like posts.
News
Siapa sih yang nggak pernah stres? Menurut penelitian, anak baru lahir pun bisa stres kalau nggak dapat kasih sayang yang cukup dari keluarganya, lho. Apalagi kita yang sudah sekolah, sudah pusing dengan tugas dan ulangan, belum lagi mengurusi teman atau pacar yang sedang ngambek.
Namun semua ini bisa jadi masalah serius karena beberapa orang nggak mengerti kalau dia termasuk dalam indikator stres. Ini 4 hal sepele yang biasanya dilakukan saat seseorang sedang mengalami stres.
Memilih untuk tidur, tidur dan tidur
Kalau kurang tidur atau insomnia sering dijadikan sebagai indikator stres, ternyata berlebihan tidur juga bisa menjadi tanda kalau kamu sedang stres berat. Ada beberapa orang justru mengatasi perasaan stresnya dengan tidur. Tidur merupakan cara mereka untuk lari dari permasalahan yang mereka hadapi. Menurutnya, tidur akan menenangkan pikiran dan waktu akan cepat berlalu. Padahal masalah itu akan kembali muncul setelah mereka bangun jika nggak segera diselesaikan sebelumnya.
Nafsu makan meningkat
Jika ada beberapa orang stres hingga mengidap penyakit mental anorexia atau keinginan untuk tidak makan secara berlebihan, maka nafsu makan berlebihan juga termasuk dalam kategori stres. Beberapa orang akan mencari makanan-makanan manis, pedas, berkarbohidrat tinggi, dan junk food. Menurut penelitian, makanan-makanan ini memang sih meningkatkan hormon endorphin yang membuat kamu menjadi lebih gembira. Tapi jika kamu makan terlalu banyak, bukannya menenangkan hati, malah akan menjadi masalah baru untuk kesehatan tubuh kamu.
Berpikir keras agar tidak stres
Saat mengalami stres, beberapa orang akan berpikir keras dengan harapan agar ia nggak memikirkan hal-hal yang membuatnya stres. Namun, memaksakan melakukan semua kegiatan untuk menyibukkan diri tanpa berusaha berdamai dengan masalahmu justru membawamu ke arah destruktif, nggak cuma untuk diri kamu, juga dengan lingkungan sekitarmu.
Sakit tanpa alasan jelas
Suka sakit kepala nggak jelas walaupun sudah ke dokter? Tenang… itu bukan santet atau guna-guna, kok. Ini bisa terjadi karena kamu sedang mengalami stres berat. Saat kamu stres, aktivitas impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh akan meningkat. Meningkatnya aktivitas saraf dalam tubuhmu ini akan membuat tubuhmu seakan kelelahan dan akhirnya sistem kekebalan tubuhmu menurun.
Kamu harus tahu, adalah hal yang wajar bila seseorang mengalami stres. Nggak mudah dan kamu harus berjuang keras untuk mengatasi hal ini. Namun, perjuanganmu nggak sendiri kok. Ada Tuhan yang selalu setia menemanimu dalam masa sulit. Atau, jika kamu membutuhkan teman untuk cerita dan share mengenai masalahmu, langsung chat aja via Line @superyouth.id (gunakan @) atau via Whatsapp di 08179942600. Kalau kamu memang butuh respons secepatnya, kamu bisa langsung telepon hotline kami di 1500224. Semangat ya, Superyouth. Ingat, kamu juga butuh bahagia!
(YS)
Cover: healthymummy.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *