Sepele, Namun 5 Hal Ini Dapat Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Please log in or register to like posts.
News
Nggak ada makhluk di dunia ini yang bisa hidup sendiri, apalagi manusia yang memang diciptakan sebagai makhluk sosial. Tentunya, merupakan sebuah kodrat manusia untuk bersosialisasi dengan sesamanya. Apalagi sebagai orang Indonesia, budaya peduli sesama sudah ditanamkan sejak kecil membuat kita semakin intens berkomunikasi dengan orang sekitar. Maka nggak heran jika orang Indonesia dikenal sebagai masyarakat termurah hati sedunia.
Namun, beberapa tahun belakangan, media sosial di Indonesia banyak dikotori dengan komentar-komentar negatif dan nggak sehat. Banyak orang yang berusaha menjatuhkan orang lain demi popularitas, seperti menyebarkan hoax atau fitnah. Agar sisi kemanusiaan kita nggak mati, yuk lakukan 5 hal di bawah ini.
Belajar nggak menghakimi orang lain
Semua orang tentu nggak sempurna. Namun, bukan berarti kita boleh menunjuk-nunjuk kelemahan atau kekurangan orang lain di muka umum, termasuk di media sosial. Nggak semua orang perlu tahu kejelekan orang yang kamu tunjuk. Jika kamu menemukan hal yang harus diubah dalam dirinya, bicaralah empat mata dengannya sebagai sahabat.
Belajar melihat segala hal bari berbagai perspektif
Saat ini victim blaming (menyalahkan korban dari kejadian yang menimpanya) telah marak terjadi di Indonesia, khususnya kasus pemerkosaan. Para korban malah dipojokkan dengan asumsi pakaian yang kenakan. Padahal, menurut survei yang dilakukan change.org, korban yang mengalami pelecehan seksual mayoritas mengenakan pakaian tertutup seperti celana atau rok panjang dan baju lengan panjang. Kita harus melihat segala masalah dari perspektif yang berbeda. Cobalah memosisikan diri sebagai korban, apa yang dirasakannya saat ini, bukan malah menghujat korban yang malah menyebabkan trauma lebih dalam.
Redam ego masing-masing
Beberapa hal yang membuat sebuah negara hancur bukan karena kelaparan atau krisis ekonomi, namun karena setiap orang berhenti peduli terhadap sesama dan mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Ingat, di Dunia ini nggak semuanya tentang aku. Belajarlah menghargai dan menghormati kebutuhan orang lain. Dengan ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih manusiawi.
Berbagi dengan sesama nggak akan membuatmu miskin
Menurut penelitian, memberi dengan tulus dapat membuatmu jauh lebih bahagia ketimbang menerima sesuatu dari orang lain. Dan sebenarnya, saat kamu memberikan suatu hal yang berharga (materi, waktu ataupun tenaga) kepada mereka yang membutuhkan, kamu telah menjadi teladan setidaknya untuk orang yang melihatmu. Nah, jika awalnya kamu sendirian melakukan hal positif ini, bukankah Dunia akan lebih indah jika banyak orang yang tergerak untuk melakukan hal yang sama untuk sesamanya?
Sebarkan pesan positif dalam media sosial
Keberadaan media sosial memang sulit dipisahkan dari kebutuhan bersosialisasi. Meski berguna sebagai sarana komunikasi dan berbagi informasi, banyak orang yang menyalahgunakan platform ini untuk menebar kebencian. Daripada ikut-ikutan menebar hal yang sia-sia, lebih baik kamu buat orang lain tersenyum dengan statusmu yang inspiratif.
Itulah lima hal sederhana yang dapat membuat hidupmu lebih bermakna. Kira-kira mulai kapan nih kamu akan menerapkannya?
(YS/ERN)
Cover: neilrosenthal.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *