Image and video hosting by TinyPic

Semangat! Artikel Ini untuk Kamu yang Kurang Diapresiasi

Please log in or register to like posts.
News
Nggak bisa dipungkiri, perasaan ingin diapresiasi dan ingin diterima adalah bagian dari kebutuhan manusia secara mendasar. Yaa… walaupun cuma sekadar ucapan terima kasih saja sudah bisa buat kita senang, bahagia, dan bahkan membuat kita berguna untuk orang tersebut.
Tapi, ketika nggak ada apresiasi yang disampaikan, pedih rasanya. Kayak nggak ada yang menghargai pengorbanan yang kita lakukan buat mereka. Memang nyesek sih kalau ketemu sama lingkungan kayak gini, tapi jangan sedih ya, gengs. Ini yang bisa kamu lakukan saat kamu merasa kurang diapresiasi oleh sekitar kamu.
Source: Calm
Jaga emosi, jiwa dan raga
Tips pertama, cobalah memberikan apresiasi untuk diri kamu sendiri. Bukan hal yang konyol kok kalau kamu memberikan ‘penghargaan’ untuk dirimu sendiri. Misalnya, kamu pergi ke restoran favorit untuk mentraktik makanan enak untuk dirimu sendiri, atau memberikan kado untuk dirimu sendiri. Hmm, meskipun kelihatannya agak ‘jones’, rasa kebahagiaan ini bisa membuatmu nggak patah semangat untuk melakukan hal yang baik tanpa apresiasi dari orang lain. Ingat, apresiasi dari orang lain itu bonus. Tuhan tahu kok apa yang kamu perbuat, hehehe.
Source: Pexels
Introspeksi diri
Setelah kamu memanjakan diri dan bisa berpikir lebih tenang, saatnya memikirkan apa yang salah dari kamu dalam peristiwa ini. Coba analisis sumber dari hal yang menyebabkan kamu kurang merasa diapresiasi. Mungkin saja ada satu-dua hal yang kamu lakukan sehingga mereka tidak memberikan apresiasi kepada kamu. Eits, bukan menyalahkan diri kamu. Tetapi, menganalisis dari sudut pandang yang berbeda akan membuatmu bisa lebih paham dan mensyukuri kenapa hal-hal seperti ini terjadi.
Source: inovasee.com
Minta mendapat sama orang yang kamu percaya
Kalau memang kamu nggak merasa bersalah, coba langsung share uneg-unegmu sama orang yang bisa kamu percaya, bisa orang tua, sahabat, pacar, atau bahkan satpam komplek sebelah. Kata orang bijak, ‘keterbukaan adalah awal dari pemulihan’, yoi nggak sob! Untung-untung kamu disemangatin setelah sharing, hehehe.
Source: lsainsider.com
Tetap positive thinking
Setelah dapat pencerahan dari orang-orang yang bisa kamu percaya, saatnya memancarkan positive vibes dalam pikiran kamu. Percayalah, kamu lagi butuh energi positif untuk memotivasi kamu untuk bangkit lagi. Mungkin kamu bisa cari video atau quotes yang bisa menyemangati kamu. Atau, ini saatnya kamu minta kekuatan sama Tuhan agar kamu bisa terus semangat dalam menjalani hari-harimu.
Source: rd.com
Asah Skill dan Buktikan Kalau Lo Juga Bisa Diandalkan
Yang terakhir, asah skill kamu agar lebih baik dari sekarang. Satu-satunya cara biar kamu diapresiasi adalah dengan membuktikan kalau kamu jauh lebih baik dari sekarang. Mungkin nihhh, bagi mereka performa kamu kurang, makanya jadi kurang digubris atau diapresiasi. Daripada ngeluh duluan, kamu buktikan dengan melakukan tugas di atas rata-rata dari biasanya yang kamu kerjain. At least orang di sekitarmu jadi tahu kalau kamu punya effort lebih atas apa yang kamu kehendaki.
Itulah cara supaya kamu bisa tetap kuat dan semangat meskipun kamu kurang merasa diapresiasi oleh orang sekitarmu. Mau bagaimanapun, kamu nggak bisa mengubah orang lain kecuali kalau kamu mulai mengubah apa yang bisa kamu ubah dalam dirimu sendiri. Di sisi lain, pengalaman-pengalaman ini juga mengajarkan kalau rasa apresiasi pun penting. So, jangan lupa ucapkan terima kasihmu kepada orang sekitarmu ya!
(YS)
Cover: tinybuddha.com
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

4
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

4

Who liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *