Selamat Ulang Tahun! Ini 5 Keunikan Jokowi yang Kekinian Banget

Please log in or register to like posts.
News
Tepat tanggal 21 Juni 2019, Bapak Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo merayakan ulang tahunnya yang ke-58. Banyak orang, termasuk milenial, menilai positif kinerja dan sosok Presiden RI ke-7 ini. Sampai saat ini, ucapan selamat ulang tahun untuk beliau masih menjadi trending topik worldwide dengan tagar #HBDJokowi, tagar terpopuler  di Twitter hari ini.
Bagaimana tidak, ia memiliki keunikan-keunikan yang nggak biasa di usianya. Biar nggak penasaran, inilah beberapa keunikan yang dimiliki Jokowi yang kekinian banget.
Source: hai.grid.id
Menyukai lagu metal
Bapak dari Gibran, Kaesang, dan Kahiyang ini sangat menyukai lagu metal. Hobi yang terbilang unik untuk seorang Presiden ini sudah sering diperbincangkan di seluruh dunia. Namun banyak respons positif dari hobi yang unik ini. Bahkan ia sering diundang secara langsung oleh band metal kelas dunia seperti Judas Priest, Metallica, Guns n Roses, Lamb of God, dan Megadeth untuk hadir langsung saat mereka konser di Indonesia. Dan tentunya, sama seperti fans lainnya, Jokowi hadir dengan merchandise tshirt band kebanggaannya, berdiri dalam tribun dan menonton konser layaknya fans metal pada umumnya.
Source: NET.Z
Menyukai street wear
Selain mencintai kemeja putih yang ia sering gunakan saat blusukan ke seluruh pelosok Indonesia, Jokowi juga sering kepergok sedang hunting street wear dalam beberapa pameran street wear. Pameran yang ia jumpai pun beragam, seperti Jakarta Sneaker Day dan pameran outwear urban lainnya. Dan kerennya lagi, Jokowi juga sangat suka produk lokal, lho. Ia sering banget mengenakan sneaker bermotif unik dari Saint Barkley (SB). Ia juga berhasil membuat para pecinta outwear denim mencari brand Never Too Lavish saat ia menggunakan outwear denim dengan motif peta Indonesia di bagian dada dan motif kultur daerah di bagian punggungnya.
Source: makassar.tribunnews.com
Merealisasikan peluang e-Sport di Indonesia
Saat Asian Games 2018 kemarin, Indonesia membuat gebrakan dengan menyertakan e-Sport ke dalam ajang pertandingan bergengsi se-Asia tersebut. Jokowi, sebagai presiden mengatakan sangat mendukung milenial untuk mengejar cita-citanya sebagai atlet e-Sport. Nggak sekedar kata-kata, kabinet menteri yang disusunnya pun berintegrasi dalam meningkatkan peluang dan kualitas atlet e-Sport dalam Indonesia. Di tahun 2019, Kemenpora telah menyediakan anggarang sebesar IDR 50 miliar untuk mengembangkan e-Sport di Indonesia. Uang ini akan digunakan untuk biaya pelatihan para atlet e-Sport dan biaya penyelenggaraan turnamen e-Sport resmi yang diadakan langsung oleh pemerintah.
Source: cnbcindonesia.com
Menggunakan diksi yang dikenal milenial saat pidato
Presiden Jokowi beberapa kali menggunakan diksi yang sangat relate oleh para milenial saat melakukan pidato. Dalam World Economic Forum ASEAN yang diadakan di Ha Noi, Vietnam pada 12 September kemarin, Jokowi menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini sedang mengarah pada ‘infinitiy war’, ada ‘Thanos’ yang ingin menghancurkan perekonomian golobal. Diksi ini tentu diambil dari cerita besutan Marvel, “Avengers: Infinity War”. Dalam pidato tersebut, Jokowi mengatakan ia dan sesama rekan ‘avengers’ lainnya siap untuk mencegah hal tersebut terjadi.
Nggak cuma itu, Jokowi juga pernah menggunakan analogi serial film ‘Game of Thrones’ sebagai referensi dalam pidatonya di Annual Meeting Plenary pada 12 Oktober 2018 lalu. Ia menganalogikan, negara-negara maju saat ini seperti ‘houses’, ‘Great Family’, yang sedang bertarung hebat untuk mengambil kendali ‘The Iron Thrones’ atau bangku kekuasaan ekonomi dunia. Ia mengatakan, perebutan ini membuat para ‘houses’ yang berjaya akan terus menekan ‘houses’ lain hingga redup. Namun mereka lupa kalau ada ‘Night King’, bencana sesungguhnya yang berdampak pada seluruh sistem global. Wah, kreatif banget deh pidatonya pak Jokowi.
Source: Liputan6.com
Berhasil menghancurkan tembok komunikasi antara pemerintah dan masyarakat
Jika sebelumnya pemerintah dinilai terlalu jauh untuk dijangkau oleh masyarakatnya sendiri, Jokowi membuktikan jika anggapan tersebut salah dengan sistem kampanye blusukan yang dilakukannya konsisten sejak ia masih menjadi walikota Solo. Nggak cuma itu, Jokowi juga berhasil menggaet milenial dengan menggunakan berbagai media sosial untuk berkomunikasi, mulai dari Instagram, Twitter, hingga membuat vlog presiden dalam platform YouTube.
Itulah 5 hal yang membuat Jokowi kekinian banget dan dicintai oleh milenial. Selamat ulang tahun pak Jokowi. Terima kasih untuk pengabdianmu selama ini yang selalu menginspirasi kami para milenial.
(YS)
Cover: GenPI.co

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *