Sekarang, Mendaki Gunung Merbabu Harus Daftar Online

Please log in or register to like posts.
News
Siapa yang punya rencana untuk mendaki Gunung Merbabu dekat-dekat ini? Untuk kamu yang belum tahu, saat ini Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) akan menerapkan tiket online untuk para pengunjung atau pendaki.
Penjualan tiket secara online ini tujuannya untuk memudahkan pengawas untuk mendata dan mengelola kuota para pendaki di jalur masing-masing jalur naik ke puncak Gunung Merbabu. Selain itu, pendaftaran online ini juga memudahkan para pendaki untuk mendaftar.
Cara mendaftarnya, kamu tinggal masuk dalam website resmi BTNGMb, isi informasi identitas masing-masing pendaki. Setelah terdaftar, nantinya para pendaki akan mendapatkan gelang khusus yang terdapat barcode. Barcode ini berisi tentang identitas pendaki yang memakainya. Kemudian, setiap pintu masuk jalur pendakian terdapat gerbang yang diharuskan untuk memindai barcode tersebut.
Kerennya, gelang tersebut juga berfungsi sebagai alat pemancar lokasimu, sehingga para pengawas akan mengetahui secara akurat dimana kamu berada jika hal yang tidak diinginkan terjadi.
Selain itu, kamera CCTV sudah terpasang di Sabana 1 juga digunakan untuk memantau, apakah kamu sudah melintasi Sabana 1 atau belum, sehingga jika terjadi kecelakaan atau memerlukan evakuasi, tim penyelamat bisa langsung bergerak cepat.
Namun, sistem ini masih dalam tahap uji coba. Pihak BTNGMb pun belum bisa memastikan kapan sistem ini rampung dan siap. Wah, semoga sistem online dan keamanan ini bisa diadaptasi oleh pengawas di gunung-gunung Indonesia lainnya, ya!
(YS)
Cover:

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *