Sangat Menyedihkan, Orangutan Ini Buta Setelah Ditembak 74 Kali Dengan Senapan Angin

Please log in or register to like posts.
News
Seekor induk orangutan kembali diselamatkan oleh tim konservasi orangutan dengan keadaan buta akibat setidaknya 74 tembakan peluru senapan angin di Sumatera, Senin, 18 Maret 2019.
Berdasarkan keterangan volunteer konservasi orangutan Sumatera sekaligus dokter hewan Yenny Saraswati, hasil scan X-ray menunjukan ada 74 peluru senapan angin yang tertanam di dalam tubuhnya, termasuk empat peluru yang bersarang di mata kirinya dan dua di mata kanannya. Dinamakan Hope oleh penyelamatnya, orangutan ini juga mengalami sejumlah luka benda tajam dan patah tulang selangka di bahu kirinya.
Penyelamatan ini dilakukan berdasarkan laporan dari para penduduk desa yang menemukan Hope di Aceh, tepatnya di ladang milik mereka. Ia ditemukan dengan menggendong bayi orangutan yang masih berusia sebulan, sangat kritis akibat malnutrisi. Namun meskipun tim penyelamat bekerja sangat cepat, nyawa bayi Hope tidak terselamatkan.
Hingga saat ini, baru 7 peluru yang dikeluarkan dari tubuhnya. Hal ini dikarenakan para dokter sedang memprioritaskan tulang selangka Hope yang patah dan dapat infeksi jika tidak ditangani secepatnya.
Pihak konservasi orangutan mengatakan, penggunaan senapan angin yang digunakan untuk bersenang-senang dengan menembak dan membunuh hewan liar, termasuk orangutan adalah masalah serius saat ini. Dikatakan dalam 10 tahun terakhir, mereka sudah merawat lebih dari 15 orangutan. Jika ditotalkan, ada hampir 500 peluru senapan angin yang bersarang dalam tubuh mereka.
Menurut laporan yang didapatkan dari studi orangutan Borneo, jumlah seluruh spesies orangutan Sumatera di alam bebas cuma tinggal sekitar 13.400 ekor. Spesies ini dikategorikan sebagai hewan yang sangat langka oleh International Union for the Consevation of Nature. Wah, menyedihkan banget, ya. Bagaimana menurut kalian soal hal ini?
(YS)
Cover: independent.co.uk

Reactions

0
0
0
0
2
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *