Sangat Menyedihkan, 5 Negara Ini Punya Angka Harapan Hidup Terendah di Dunia

Please log in or register to like posts.
News
Hidup nggak semudah yang kita kira. Nyatanya nggak semua negara bisa merasakan kenikmatan dan kemudahan di era modern ini. Masih banyak negara yang ada di bawah garis kemiskinan. Cukup menyedihkan, kehidupan di negara-negara sangat di bawah standar kelayakan. Berikut 5 negara yang memiliki angka harapan hidup terendah di Dunia.
Source: rsf.org
Guinea-Bissau (46,76 persen)
Negara di Afrika Barat ini memiliki catatan yang sangat buruk di bidang kesehatan. Tercatat, hanya tersedia 5 tenaga medis per 100 ribu penduduk yang ada dalam negara ini. Dan parahnya 9 persen dari keseluruhan populasi Guinea-Bissau terjangkit penyakit malaria. Nggak sampai disana, sekitar setengah populasi perempuan di sana mengalami genital mutilation karena adat yang dianutnya. Para tetua menganggap, genial mutilation adalah satu-satunya cara perempuan untuk memperoleh ‘kekudusan’ dalam pernikahan. Praktik inilah yang menyebabkan persentase tingkat kehidupan janin dan ibu sangat rendah.
Source: cfr.org
Zimbabwe (46,59 persen)
Sebenarnya, negara ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Sayangnya, beberapa peraturan yang pemerintah tetapkan sangat tidak berpihak kepada hak sipil. Mereka nggak diperbolehkan untuk mengambil, apalagi mengolah segala kekayaan alam yang ada, meskipun tanah tersebut milik individu, bukan pemerintah. Selain itu, akses kesehatan pun sangat sulit. Padahal penyebaran virus HIV/AIDS, kolera dan penyakit menular lainnya berada dalam kondisi sangat berbahaya.
Source: irishtimes.com
Sierra Leone (46,26 persen)
Negara kecil yang terletak di Afrika Barat ini mengalami kondisi sangat memprihatinkan setelah perang saudara yang terjadi pada 1991 hingga 2002. Ada banyak kerusakan infrastruktur publik dan hingga kini lebih dari 2 juta orang tidak memiliki tempat tinggal. Kondisi memburuk setelah penyakit Ebola menyebar pada 2014, padahal jaminan kesehatan masih sangat buruk. Angka kehidupan Sierra Leone terus menurun dan tahun ini adalah angka terburuk selama 46 tahun teakhir.
Source: borgenmagazine.com
Lesotho (46,02 persen)
Meski memiliki luas wilayah 30 kali lebih besar dari Jakarta, jumlah penduduk Lesotho cuma 1/5 dari Ibukota Indonesia. Masalah terbesar di negara ini adalah virus HIV?AIDS. Di wilayah perkotaan, sekitar 50 persen perempuan di bawah 40 tahun positif terjangkit virus HIV. Kendati demikian, angka ini berangsur-angsur berkurang.
Source: carconsult.cf
Central African Republic (45,91 persen)
Inilah negara termiskin di Dunia. Populasi negara ini semakin menurun karena angka harapan hidup juga semakin rendah. Masalah utamanya dalah kesehatan, dimana penyakit menular kembali mendominasi keluarga di negara tersebut, antara lain virus HIV/AIDS, malaria, campak, dan genital mutilation pada perempuan.
Itulah 5 negara yang memiliki kondisi paling memprihatinkan di Dunia. Memang menyedihkan, namun setiap doa yang kamu naikkan pasti bisa mengubah keadaan Dunia ini. Atau mungkin, ada yang berminat dan terbeban jadi relawan untuk membantu negara-negara ini?
(YS/ERN)
Cover: bradtguides.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *