Rayakan Kemerdekaan Indonesia dengan 7 Makanan Indonesia yang Nagih Ini!

Please log in or register to like posts.
News

Momen Hari Kemerdekaan alias HUT ke-74 Republik Indonesia yang baru saja diperingati pada Sabtu, 17 Agustus 2019 kemarin masih terasa hingga hari ini. Banyak cara warga +62 memperingati hari berbahagia ini, salah satunya membuat kuliner khas untuk dinikmati bersama. Nggak jarang kamu akan diajak bernostalgia dengan jajanan-jajanan tradisional khas Hari Kemerdekaan. Berikut ada 7 makanan yang bikin nagih dan cuma ada saat momen kemerdekaan.

 

Klepon Merah Putih

Source: Cookpad

Klepon pada umumnya berbentuk bulat, berwarna hijau pandan, diisi dengan gula merah dan berlapis parutan kelapa. Nah… khusus di momen Kemerdekaan Indonesia, kue tradisional khas Jawa Tengah ini akan muncul dalam berbagai variasi unik, yakni klepon berwarna merah putih yang melambangkan warna bendera Indonesia.

 

Nasi Tutug Oncom

Source: dapurkobe.co.id

Menurut tradisi, nasi tutug oncom akan disajikan menjelang HUT RI. Makanan yang merupakan perpaduan nasi dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan teri ini biasanya semakin nikmat kala disajikan bersama dengan sambal uleg, ayam goreng, tempe dan tahu goreng.

 

Nasi Kendil

Source: yopiefranz.com

Nasi ini dibuat dalam kendil yang terbuat dari tanah liat. Biasanya, nasi dimasak dengan campuran santan dan dilapisi daun pisang sehingga nasi terasa wangi dan gurih. Nasi ini juga memiliki variasi topping lauk dalam penyajian, seperti pete, telur rebus, ayam goreng sambal, tempe orek, dan lain sebagainya.

 

Rujak Natsepa

Source: IndonesiaKaya.com

Makanan khas Ambon ini memiliki cita rasa yang unik. Dalam rujak natsepa, kamu akan menemukan rasa manis, asam, dan pedas. Pastinya, makanan ini akan lebih mudah ditemukan saat momen 17 Agustusan.

 

Telok

Source: tempatwisataindonesia.ic

Telok adalah makanan yang berasal dari Palembang. Telok yang merupakan makanan yang berasal dari telur ini sering dibuat pasca Hari Kemerdekaan dan memiliki beberapa variasi, mulai dari telok pindang, telok abang, hingga telok ukan.

 

Ayam/Bebek Betutu

Source: Liputan6

Betutu merupakan cara masak khas Bali yang biasanya terbuat dari ayam atau bebek diisi dengan bumbu dan dipangang dalam api sekam. Meski sudah banyak dijual, ayam betutu merupakan makanan yang wajib disajikan saat merayakan hari penting, termasuk hari spesial seperti HUT Kemerdekaan Indonesia.

 

Nasi Tumpeng

Source: nasibagoes/instagram.com

Nah… ini makanan yang nggak boleh kelewatan, nih! Saat merayakan ulang tahun Kemerdekaan RI, nasi tumpeng adalah salah satu makanan yang pasti dijual dimana-mana. Namun, jika biasanya disajikan dengan nasi kuning, nasi tumpeng versi HUT RI bisa disajikan dengan nasi merah putih berbentuk kerucut besar. Nasi tumpeng ini biasanya diletakkan di atas nampan bulat yang terbuat dari anyaman bambu, serta didampingi dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, rendang, telur balado, mie ulang tahun, tahu, tempe, kentang kering, dan masih banyak lagi.

Gimana nih? Sudah laper ‘kan? Masih banyak makanan khas Indonesia yang harus kamu coba selama momen Kemerdekaan Indonesia. Anyway, selamat ulang tahun untuk kita semua!

(YS/ERN)

Cover: Liputan6

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *