Pindah Ibu Kota: Sumatera, Sulawesi, Atau Kalimantan?

Please log in or register to like posts.
News
Belum lama ini, Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo membeberkan rencana untuk memindahkan Ibu Kota -yang saat ini di DKI Jakarta- ke Pulau lain selain Pulau Jawa. Meskipun belum detail, ternyata pak Jokowi dan jajarannya sudah menyiapkan 3 kandidat pulau yang saat ini masih dipertimbangkan.
“Bisa di Sumatera, tapi yang Timur jauh. Di Sulawesi agak di tengah, tapi Barat kurang. Kalimantan di tengah-tengah. Ini ada 3 kandidat, tapi harus dicek dong,” kata Jokowi saat ditanya wartawan di Cikupa, Tangerang, Selasa (30/4/2019).
Hingga saat ini, pak Joko masih mengkaji ketiga kandidat pulau tersebut dari beberapa faktor. Menurut pak Jokowi, pulau Jawa ini sudah terlalu padat penduduknya.
“Kita memiliki 17 ribu pulau. Tetapi di Jawa sendiri penduduknya 57 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia, kurang lebih 140 juta,” kata Jokowi.
Hal ini, sambung Jokowi, menimbulkan kerusakan di pulau Jawa, baik terhadap lingkungan, kebersihan air dan lalu lintas yang terlalu padat dan sulit diatasi jika tetap mempertahankan Ibu Kota di pulau Jawa.
Meskipun terdengar baru, wacana ini nyatanya sudah direncanakan oleh Ir. Soekarno saat beliau menjabat sebagai Presiden. Namun keputusan ini baru kembali diperbincangkan setelah pak Jokowi kembali membawa topik ini dalam rapat terbatas yang dilakukan olehnya bersama para Menteri.
Menurut kamu, Ibu Kota enaknya pindah kemana, nih? Tulis di kolom komentar, ya!
(YS)
Cover: dictio.id

Reactions

2
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *