Image and video hosting by TinyPic

Perlu Ditangani Segera, Ini Indikasi Kalau Kamu Mengalami Mental Disorder

Please log in or register to like posts.
News
Mental disorder ataua gangguan mental merupakan masalah serius yang harus diperhatikan dan ditangani segera. Sama seperti batuk dan pilek, mental disorder ini sulit sembuh jika penderitanya nggak berusaha mengobatinya.
Sebenarnya penyakit kejiwaan ini nggak datang tiba-tiba, lho. Ada beberapa indikasi kalau mungkin kamu atau orang terdekatmu mengalami mental disorder. Belajar mengenai gejala mental disorder sangat berguna agar kita dapat mengambil tindakan pertolongan sedini mungkin dan mencegah penyakit ini semakin parah.
Source: time.com
Sering merasa gelisah
Gelisah tanpa sebab yang jelas bisa mengindikasikan kalau seseorang sedang mengalami stres atau masalah mental. Bahkan kegelisahan yang cukup parah juga dapat menyerang tubuh kamu, seperti sesak nafas, jantung berdebar, diare, dan sakit kepala.
Source: irishtimes.com
Tiba-tiba menjadi pendiam dan menutup diri dari pergaulan
Ketenangan memang sangat dibutuhkan untuk semua orang, apalagi saat sedang stres dengan keadaan saat ini. Tapi, jika tiba-tiba jadi pendiam dan cenderung menolak bersosialisasi dengan cara yang nggak wajar, bisa jadi ini indikasi kalau ia sedang merasa tertekan. Jika tanpa disadari kamu melakukan hal ini, segera cari orang yang dapat kamu percaya untuk menceritakan segala hal yang mengganjal dalam hatimu saat ini.
Source: scientificamerican.com
Perubahan mood yang drastis
Jika mood-mu sering berubah-ubah secara drastis tanpa alasan yang jelas, ini juga indikasi kalau kamu sedang mengalami gangguan mental. Atau jika kamu melihat indikasi ini dalam diri temanmu, seperti tiba-tiba mellow saat sedang gembira, jangan buru-buru ilfeel. Bisa jadi, sebenarnya dia sedang membutuhkan telingamu untuk mendengarkan jeritan hatinya.
Source: healthline.com
Mengalami insomnia
Perubahan pola tidur yang ekstrem karena banyak pikiran juga bisa jadi indikasi seseorang sedang mengalami gangguan psikis. Jika kamu sering sekali mengalami insomnia, nggak ada salahnya buat cek kesehatan mentalmu ke psikolog atau psikiater secepat mungkin.
Source: sagethrivetoday.com
Sulit berkonsentrasi
Pikiran yang memenuhi dan mempengaruhi keseharianmu dapat membuat orang sulit berkonsentrasi dengan apa yang ia hadapi saat ini. Jika biasanya temanmu selalu jadi primadona kelas karena nilainya selalu bagus, namun tiba-tiba anjlok nggak karuan, bisa jadi dia sedang banyak pikiran dan berpotensi memiliki gangguan mental.
Source: addictioncampuses.com
Gangguan makan
Gangguan makan ini nggak cuma jadi nggak nafsu makan saja. Jika tiba-tiba nafsu makanmu meningkat secara signifikan tanpa suplemen dan obat-obat lain penambah nafsu makan, bisa jadi kamu sedang mengalami masa sulit yang harus ditangani segera.
Gejala mental disorder memang sering kali nggak disadari oleh penderitanya. Bahkan penderitanya merasa malu mengakui kalau ada masalah dalam pikirannya.
Jika indikasi diatas mulai kamu atau temanmu alami, langsung tangani segera sebelum penyakit mentalmu semakin parah. Nggak ada yang perlu kamu tutupi, karena semua ini merupakan salah satu jalan agar hidupmu jauh lebih baik. Semangat!
(YS)
Cover: psychologium.com
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

37
1
2
1
3
0
Already reacted for this post.

Reactions

37
1
2
1
3
Who liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *