Patut Dicoba, Ini Cara Melatih Mental Tahan Banting

Please log in or register to like posts.
News
Agar bisa menangani berbagai macam situasi dalam hidup, diperlukan mental yang tahan banting. Hal ini sangat penting karena kamu nggak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dalam hidupmu. Nah, kualitas dirimu bakal bertambah jika kamu memiliki mental yang kuat dan tahan banting. Kamu merasa belum memiliki mental yang kuat? Yuk, praktikan beberapa cara sederhana ini agar kamu dapat melatih mnetalmu lebih tahan banting.
Tantang dirimu melakukan sesuatu yang kamu takuti
Biasanya, ketakutan terjadi karena kamu memiliki trauma di masa lalu. Ya, trauma itu bukanlah hal yang menyenangkan. Tapi agar kamu berhasil mengatasi ketakutanmu, kamu harus mencoba menghadapi ketakutanmu. Saat kamu sudah berhasil mengatasi ketakutamu, mentalmu akan semakin kuat dan kamu pun semakin berani dalam mengambil keputusan.
Berani menyuarakan opinimu
Ada kalanya kamu harus berani menyuarakan opinimu saat dibutuhkan. Opini yang dimaksud bukan hasrat hati untuk menghina orang lain, lho ya. Opini yang dimaksud adalah ide yang ada dalam pikiranmu. Memberanikan diri untuk speak up juga akan menguatkan mentamu. Siapa tahu opinimu cermelang dan bisa membantu banyak pihak.
Belajar menerima kritik tanpa baper
Seseorang cenderung senang saat menerima pujian. Sebaliknya, beberapa orang cenderung baper saat menerima kritikan. Apalagi kalau kritik tersebut pedas atau bahkan terkesan menusuk hati. Berlatih untuk nggak ambil hati atas kritik dapat membuat mentalmu semakin kuat. Nggak selamanya kritik bersifat untuk menjatuhkan, tapi juga nggak selamanya kritik itu perlu kamu terima mentah-mentah. Pokoknya, seleksi mana kritik yang dapat kamu ambil atau tidak.
Belajar dari konten-konten inspiratif
Di zaman modern ini, sayang banget jika kamu nggak menggunakan internet untuk belajar. Seenggaknya, belajar hal-hal yang kamu suka. Jika kamu suka traveling, cari tahu tempat yang belum pernah dan ingin kamu kunjungi. Atau belajar masak untuk mempersiapkan mimpi kamu menjadi seorang chef. Pokoknya cari konten-konten inspiratif yang membuatmu semakin semangat dalam mengejar mimpimu. Jangan buang waktu lagi deh dengan konten-konten hoax dan unfaedah yang cuma membuatmu makin membenci orang atau golongan tertentu.
Walaupun sederhana, cara ini ampuh banget untuk menguatkan mentalmu supaya jadi tahan banting. Coba dulu deh, pasti pandanganmu akan berubah dan memiliki mental tahan banting.
(YS)
Cover: facultyfocus.com

Reactions

2
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *