Nggak Cuma Menggambar, Ini 5 Prospek Pekerjaan bagi Lulusan DKV

Please log in or register to like posts.
News
Siapa nih yang sebentar lagi masuk tahun pertama dan jadi mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV)? Jika ditanya ke beberapa mahasiswa baru, mereka memutuskan untuk mengambil jurusan ini karena suka dengan menggambar. Hmm… nggak salah sih, namun dunia DKV jauh lebih luas dari sekedar menggambar, lho.
Seperti namanya, Desan Komunikasi Visual adalah sebuah jurusan yang melatih mahasiswanya untuk berkomunikasi dengan visual. Kamu perlu tahu, DKV merupakan ilmu yang mendorongmu untuk memecahkan masalah dengan kreativitas. Nggak cuma membuat gambar ilustrasi atau komik saja, dunia pun visual begitu luas. Inilah beberapa prospek pekerjaan bagi kamu yang bakal lulus sebagai mahasiswa DKV.
Source: passionville.id
Desainer grafis
Untuk orang awam, pekerjaan ini paling banyak dikenal. Tugas desainer grafis adalah membuat dan menyiapkan segala hal untuk kebutuhan grafis. Nggak cuma membuat poster atau flyer saja, bidang desainer grafis pun beragam, ada ilustrator, desainer logo, komikus, character modeling, digital imager, 3D modeling, dan lain sebagainya. Jika dinilai sudah berpengalaman sebagai desainer grafis, kamu bakal diangkat sebagai art director, dimana kamu akan berada dalam ‘kasta teratas’ dalam dunia desainer grafis. Tentunya menjadi art director di perusahaan atau agensi ternama pasti memiliki penghasilan yang sangat besar.
Source: instantshift.com
Animator
Saat ini dunia animasi di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Beberapa jurusan DKV di beberapa universitas di Indonesia juga bakal melengkapi kamu dengan mata kuliah animasi. Tugas animator adalah menggerakkan aset yang sudah dibuat oleh para desainer grafis. Simpelnya, dunia animasi memiliki 2 jurusan, animasi 2D dan animasi 3D. Untuk animasi 2D, ada animator tradisional (menggambar per frame) dan motion grafer (menggerakkan aset grafis menggunakan software editing). Sedangkan dalam animasi 3D, ada yang fokus sebagai Visual Jockey (pembuat visual effect), animator film. Di Indonesia, pekerjaan ini sudah mulai banyak dicari. jadi, jangan takut untuk memfokuskan diri dalam dunia animasi, ya.
Source: pixabay.com
Fotografer
Di DKV kamu juga bakal dibekali dengan pelajaran dasar mengenai fotografi. Meskipun fotografi mudah dipelajari sendiri, pembekalan ilmu formal dan tugas yang diberikan dalam bangku perkuliahan akan mendorongmu untuk menjadi fotografer yang berbeda dengan tukang foto keliling. Dalam bidang fotografi pun memiliki berbagai fokus, ada foto produk, foto model, foto dokumentasi, foto interior/arsitektur, dan lain sebagainya.
Source: medium.com
Videografer
Nah… pekerjaan ini lagi hype banget di kalangan milenial. Dalam jurusan DKV di beberapa kampus, kamu juga bakal dibekali dengan ilmu videografi. Namun menjadi videografer nggak cuma jadi tukang ambil video saja, lho. Kamu bisa menjadi sutradara yang memimpin syuting, penulis naskah, lighting director, dan berbagai pekerjaan di balik layar lainnya.
Source: creativetinge.com
Brand consultant
Kata siapa anak DKV nggak bisa jadi konsultan? Mungkin memang nggak banyak kedengaran, namun pekerjaan ini merupakan pekerjaan berkasta tinggi dalam dunia DKV. Tugas brand consultant adalah menjadi penasihat untuk membangun citra merek yang berada dalam naungannya. Nggak cuma berurusan dengan visual saja, kamu akan dituntut untuk menjadi campaign planner agar brand awareness dalam masyarakat meningkat. Memang berat, namun pekerjaan ini memiliki penghasilan yang bisa membuat hidupmu bergelimang harta, hehehe.
Itulah 5 prospek pekerjaan yang bisa diraih oleh mahasiswa lulusan DKV. Jangan takut, daftar ini hanyalah segelintir dari banyaknya pekerjaan yang bisa kamu kerjakan. Kuliah DKV memang membutuhkan modal yang nggak sedikit. Namun jika terus melatih kreativitasmu dalam berpikir, kamu pasti akan berhasil di dunia DKV. Semangat, ya!
(YS)
Cover: youthmanual.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *