Misi Penerbangan India Menuju Bulan Berjalan Sukses!

Please log in or register to like posts.
News
Ambisi menjadi kenyataan. Mungkin ini yang bisa kita katakan atas prestasi yang baru saja diraih oleh India. India berhasil menerbangkan kendaraan rover di Bulan. Misi bernama Chandrayaan-2 itu meluncur dari stasiun angkasa Shirakota pada hari Senin (22/7/2019) kemarin. Ini adalah misi kedua India, setelah misi pertamanya dijadwalkan terbang pada 15 Juli kemarin. Namun, pesawat gagal terbang tepat sebelum 56 menit mengudara karena kesalahan teknis. Misi kedua yang memakan biaya USD 145 juta ini diperkirakan akan mendarat di Kutub Selatan Bulan.
Dalam bahasa Sanskerta, Chandrayaan berarti Kendaraan Bulan. Chandrayaan-2 diterbangkan dengan roket GSLB MK-III, roket terkuat miliki India. Ada 3 segmen dibawahnya, yakni lunar orbiter untuk wahana pengorbit di Bulan, lander untuk pendaratan serta kendaraan rover. Semua ini dikembangkan oleh Indian Space Research Organization (ISRO).
Sebelum mendarat, roket akan mengorbit 100 kilometer diatas permukaan Bulan selama 2 bulan. Setelahnya, lander yang diberi nama Vikram akan memisahkan diri dan mendarat. Kemudian rover robot yang diberi nama Pragyan akan menetap di Bulan selama 14 hari guna mengumpulkan sampel mineral dan kimia untuk analisa ilmiah. Sedangkan orbiter akan mengambil gambar serta memetakan permukaan Bulan secara detil dan mempelajari atmosfernya.
Kini India sangat berpotensi menjadi negara ke-4 yang berhasil mendaratkan rover ke Bulan setelah Amerika Serikat, Uni Soviet dan China. Mengapa berpotensi? Pendaratan rover di Bulan adalah hal terberat dalam misi ini. Jika tidak sesuai dengan perhitungan dan kondisi yang memungkinkan rakyat India harus menunggu agar misi ketiga atau seterusnya dapat berjalan lancar.
Hmm… Indonesia kapan nyusul, ya?
(YS/ERN)
Cover: dnaindia.com

Reactions

0
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *