Menyesal untuk Kesalahan yang Pernah Kamu Lakukan? Ini Cara Efektif untuk Ampuni Diri Kamu

Please log in or register to like posts.
News
Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, entah itu kesalahan dalam mengambil keputusan atau melakukan kesalahan terhadap orang lain. Tapi, pernahkah kamu merasakan dihantui rasa bersalah sehingga kamu benar-benar nggak bisa mengampuni dirimu sendiri?
Jika pernah, kamu harus tahu hal ini. Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk berubah jadi lebih baik lagi setiap waktu. Hal-hal berikut ini mungkin bisa kamu lakukan untuk memaafkan masa lalu dan menerima dirimu yang sekarang.
Source: aconsciousrethink.com
Terima kesalahan tersebut sebagai pelajaran untuk kedepannya
Sekeras apapun kamu mencoba, kamu nggak bisa mengubah apa yang sudah terjadi di masa lalu. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa mengubah apa yang akan terjadi di masa depan. Bukan saatnya terus menyesali dan menghukum dirimu lagi, tapi mulailah melangkah dan menjadikan segala kesalahan yang sudah kamu lakukan menjadi bahan refleksi diri untuk bersikap lebih baik.
Source: psychologies.co.uk
Jadilah orang yang lebih baik dari kemarin
Jangan berlarut dalam penyesalan dan menghukum dirimu dengan perasaan-perasaan bersalah. Berdamailah dengan diri memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti mustahil dilakukan. Kamu selalu punya kesempatan yang sama untuk mengubah diri jadi pribadi yang lebih baik lagi di setiap waktu.
Source: lifehack.org
Berikan kesempatan kedua pada dirimu sendiri
Move forward! Terkadang, rasa bersalah ini muncul bukan karena orang lain tidak memaafkan kamu, melainkan rasa cemas yang berlebihan pada pikiranmu sendiri. Lapangkan hatimu mulai dari sekarang, maafkan dirimu dan mulailah menjalani hari dengan harapan dan niat baik untuk menjadi pribadi yang bisa belajar dari kesalahan.
Source: selflovecourses.com
Love yourself
Bukan narsis atau egois, tapi ada kalanya kamu juga harus menyayangi dirimu sendiri. Karena nyatanya, perasaan bersalah yang terus kamu simpan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan mental dan fisikmu. Bahkan sudah banyak kasus dimana seseorang mengidap penyakit yang nggak bisa terdeteksi secara medis, namun dapat sembuh setelah ia membenahi segala kebencian dan kemarahan terhadap dirinya sendiri.
Mulailah maafkan dirimu mulai sekarang. Jadikanlah kesalahan tersebut sebagai pelajaran berharga dan kembali melangkah untuk menjadi lebih baik lagi. Semangat!
(YS)
Cover: goingconcern.com

Reactions

0
4
0
0
0
1
Already reacted for this post.

Reactions

4
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *