Mempertanyakan Prestasi Livi Zheng, Sutradara Tanah Air yang Sudah ‘Go International’

Please log in or register to like posts.
News

Belakangan ini rekam jejak karier dan prestasi sutradara Livi Zheng dipertanyakan. Banyak tulisan di berbagai media massa yang membanggakan kesuksesan dan kepopuleran wanita kelahiran Blitar ini dalam membuat film. Bahkan dalam berita yang dikutip dari detikHot: “Sutradara asal Indonesia yang filmnya ‘Bali: Beats of Paradise’ sempat berjuang masuk Oscar…”

Dilansir dari Geotimes, film Livi Zheng yang berjudul “The Empire’s Throne” dan “Legend of The East” masuk nominasi dalam Madrid International Film Festival 2014. Bahkan ia memenangkan dua penghargaan untuk film “Legend of The East”. Namun sangat disayangkan, Madrid International Film Festival dikenal Dunia sebagai festival film abal-abal alias fake festival -mengharuskan para pesertanya membayar sejumlah uang agar masuk nominasi.

Nggak cuma itu, dilansir dari Tempo, film “Brush with Danger”, film action yang disutradarai dan diperankan langsung oleh Livi Zheng dan adiknya tercatat sebagai salah satu film yang memenuhi syarat untuk masuk dalam nominasi Oscar 2015. Hmm… sebagai orang yang baru pertama kali mendengar nama sang sineas yang sudah ‘go international’ ini, saya penasaran dan mencari trailer film kebanggaan ini.

Sayangnya, apa yang dikatakan oleh media massa di Indonesia sangat berbanding terbalik dengan pendapat kritikus film mancanegara. Dilansir dari Irish Film Critic, baik Livi maupun adiknya sama-sama nggak mampu berakting. Dan ketika kedua aktor utama nggak bisa memberikan penampilan yang baik, hancurlah film itu. Kamu bisa menilai sendiri, apakah film ini berhasil menembus daftar pendek nominasi Oscar atau tidak.

Kritik ini nggak cuma dilontarkan keras oleh Geotimes. Sineas yang sudah ketahuan karyanya seperti Joko Anwar dan Ernest Prakasa sekalipun memberikan kalimat pedas untuk Livi dan media mainstream Indonesia. “Ini tidak akan terjadi, dan orang-orang seperti ini tidak akan ada, kalau wartawan mau cek dan ricek,” cuit akun Twitter @jokoanwar.

Hmm… bagaimana menurutmu? Tulis pendapat kamu di kolom komentar, ya!

(YS)

Cover: Media Indonesia

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *