Image and video hosting by TinyPic

Mau Usia Hidup Kamu Lebih Panjang? Menurut Penelitian, Coba Lakukan 5 Tips Ini!

Please log in or register to like posts.
News
Kebanyakan orang memiliki tujuan yang sama saat memutuskan untuk hidup sehat, yakni hidup lebih panjang agar semua tujuan hidupnya terpenuhi. Ternyata, para peneliti pun melakukan penelitian mengenai kebiasaan dan cara hidup manusia agar mereka bisa bertahan hidup lebih lama.
Menurut penelitian, inilah 5 hal yang bisa membuatmu hidup lebih sehat dan lebih lama. Langsung simak aja deh!
Source: CNN.com
Makan diet sehat
Peneliti menyarankan agar kamu mengikuti diet Mediterranean -dimana kamu memakan buah dalam jumlah yang banyak, sayuran, gandum utuh, kacang-kacangan, lemak sehat, dan mengurangi konsumsi gula, daging merah atau makanan olahan- agar kamu bisa hidup sehat dan tentunya lebih lama. Namun menurut penelitian lain, diet ini saja nggak cukup. Selain diet Mediterranean, kamu juga harus mengonsumsi lebih banyak makanan berserat, ikan dan sayuran berprotein. Dan tentunya, kamu harus mengurangi konsumsi snack atau makanan ringan, karena ini yang dapat meningkatkan potensi terkena penyakit kronis dan mematikan. Dilansir dari penelitian pada 2017, orang yang memakan makanan sehat 20 persen lebih banyak selama 12 tahun berpotensi memiliki 17 persen jangka hidup lebih lama dari mereka yang nggak melakukan hal tersebut.
Source: flexibilitytraininghq.com
Olahraga teratur
Ternyata selain olahraga teratur bikin tubuhmu sehat, hal ini juga baik untuk kesehatan mentalmu. Olahraga yang teratur akan meningkatkan seluruh tubuhmu, mulai dari kesehatan jantung, mood dan energi -yang tentunya hal ini sangat jelas membuat tubuhmu dan umurmu dapat bertahan lebih lama. Para ahli pelatihan fisik menyarankan agar kamu berolahraga setidaknya 150 menit berolahraga normal dan 75 menit berolahraga aerobik secara intens setiap satu minggu, ditambah dua kali seminggu untuk melatih ototmu untuk kesehatan dan umur panjang. Olahraga seperti sepakbola, futsal, dan tenis sangat disarankan untuk opsi ini. Tapi kalau memang kamu nggak ingin intens berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan membersihkan rumah. Menurut penelitian pada 2018, nyatanya kedua olahraga tersebut juga meningkatkan jangka umur orang di usia senja.
Source: endocrineweb.com
Pertahankan berat badan ideal
Berat badan yang ideal juga mempengaruhi jangka umurmu juga, lho. Orang yang obesitas berpotensi lebih besar terkena penyakit kronis, seperti diabetes tipe dua, serangan jantung, dan kanker. Bahkan menurut penelitian, obesitas menjadi penyumbang terbesar kematian masyarakat di Amerika Serikat, yakni 186 ribu kematian per tahunnya.
Source: mientrastantoenmexico.mx
Tidak minum minuman beralkohol
Selama bertahun-tahun, mengonsumsi minuman beralkohol dalam kadar yang aman dipercaya mampu meningkatkan kesehatan. Namun belum lama ini, penelitian mengatakan, alkohol dalam kadar berapapun dapat berbahaya bagi tubuh. Tahun lalu dalam sebuah analisis tentang penelitian minuman beralkohol, ternyata nggak ada kadar aman alkohol dalam tubuh. Dan tentunya, alkohol dalam tubuh ini dapat meningkatkan potensi terkena kanker, serangan jantung, dan stroke.
Source: pixabay.com
Nggak merokok
Selain kanker paru-paru, merokok juga meningkatkan beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke, serta kanker mulut dan tenggorokan. Cara terbaik untuk menghilangkan potensi ini tentunya nggak merokok sama sekali. Tapi jika kamu sudah terlanjur, para ahli menyarankan untuk berhenti secepatnya untuk mengurangi ancaman kesehatanmu.
Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar hidupmu lebih lama. Memang sih, nggak ada yang bisa memprediksi umur seseorang, semua Tuhan yang atur. Tapi nggak ada salahnya untuk melakukan yang terbaik untuk tubuhmu. Adalah hal yang konyol jika kamu sakit di usia tua karena gaya hidupmu saat masih muda seperti sekarang. Yuk, jaga kesehatan!
(YS)
Cover: asianscientist.com
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *