MacBook Dilarang Masuk Bagasi Pesawat, Ini Alasannya!

Please log in or register to like posts.
News

Harga mahal ternyata nggak menjamin keselamatan. Beberapa maskapai penerbangan Internasional seperti Qantas dan Virgin Australia melarang penumpang untuk membawa laptop Apple MacBook masuk ke dalam bagasi pesawatnya. Pengumuman ini diumumkan langsung oleh maskapai penerbangan Virgin Australia pada Selasa, 27 Agustus 2019 kemarin. Hmm… kenapa, ya?

Dilansir dari news.com.au, pelarangan ini berlaku untuk semua jenis MacBook device, terkait dengan masalah baterai laptop yang belakangan ini disinyalir sebagai penyebab kebakaran. Kendati demikian, MacBook ini masih bisa masuk pesawat asalkan dibawa bersama penumpang.

“Karena masalah Apple MacBook yang terjadi di berbagai negara, kami meminta kepada semua penumpang untuk membawa Apple MacBooks Anda ke dalam carry-on lunggage (kabin penumpang) untuk alasan keamanan,” keterangan resmi Virgin Australia.

Sebelumnya, pihak Apple juga telah menarik beberapa produk miliknya. Produk yang ditarik dari peredaran adalah MacBook Pro yang diproduksi antara September 2015 hingga Februari 2017. Penarikan ini dilakukan karena baterai lithium-ion pada laptop cenderung memiliki suhu panas ekstrim hingga membuat perangkat terbakar.

Pelarangan ini juga merupakan himbauan dari Administrasi Penerbangan Federal Australia. Tetapi larangan yang dimaksud hanya untuk unit-unit MacBook yang seharusnya ditarik saja.

Berbeda dengan Virgin Australia, Thai Airways bahkan melarang semua mesin MacBook Pro 15-inch yang dirilis antara September 2015 hingga Februari 2017 untuk masuk kedalam bagasi check-in maupun kabin pesawat.

Jika sudah terlanjur membeli tiket dari salah satu maskapai penerbangan diatas, mohon diperhatikan jika kamu ingin membawa MacBook-mu. Jika nggak terlalu penting, alangkah lebih baik jika laptopmu ditinggal untuk sementara waktu. Stay safe and enjoy your flight!

(YOH)

Cover: Anadolu Agency/Getty Images

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *