Kenalan Sama Putra Aji Adhari, Remaja 15 Tahun Si Peretas Situs NASA

Please log in or register to like posts.
News
Putra Aji Adhari asal Indonesia mendapat julukan sebagai salah satu hacker pordigy di dunia sekaligus aset negara. Bagaimana tidak, seorang pelajar SMP berusia 15 tahun ini berhasil membobol situs resmi NASA, organisasi antariksa di Amerika Serikat.
Ini bukanlah hal yang biasa karena situs NASA merupakan salah satu situs dengan keamanan yang hampir mustahil untuk diretas. Saat itu, Putra langsung melaporkan kelemahan yang ia temukan kepada NASA melalui subdomain perusahaan tersebut.
Laporannya pun nggak langsung direspons oleh pihak NASA. Sebulan kemudian, pada Juni 2018, Putra mendapat balasan. Saat itu, Putra mengaku mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari NASA.
Kesuksesannya ini sempat nggak dipercaya oleh Sa’anah, ibunya. Ia nggak mengira jika anaknya memiliki kelebihan yang luar biasa. Bahkan, ibu yang sudah berusia 50 tahun ini sempat mengomeli anaknya saat beberapa polisi bidang siber mencari Putra di kediamannya di Ciledug, Tangerang Selatan.
Namun nyatanya, kedatangan polisi ini bermaksud untuk memberikan sertifikat dan penghargaan berupa uang tunai atas prestasi Putra sebagai seorang hacker.
Putra bukanlah seorang hacker yang bertujuan untuk menghancurkan situs yang diretasnya.
“Saya bukan black hat hacker, tapi white hat hacker. Bila ditemukan celah, maka akan langsung dilaporkan ke pihak perusahaan besar tersebut untuk segera diperbaiki,” tuturnya.
Dia mengaku, NASA bukanlah satu-satunya situs yang pernah ditembusnya. Ia juga pernah mendapat permintaan langsung dari perusahaan besar untuk meretas situs mereka, seperti BCA, Bank Mandiri, serta lembaga-lembaga pemerintah atau kementerian, yang kemudian dia laporkan bila ini menjadi kelemahan dan harus diperbaiki.
Dengan keahliannya, hampir setiap bulan ia mendapatkan proyek dari perusahaan ternama di Indonesia. Putra pun mengaku, ia bisa mengantongi uang puluhan juta untuk setiap proyek yang ditanganinya.
Kendati demikian, ia membatasi dirinya dengan menerima 1 proyek per 1 bulan. Alasannya karena ia nggak ingin melalaikan kewajibannya sebagai pelajar.
(YS)
Cover: LINE Today

Reactions

0
0
0
1
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *