Jangan Asal Menghibur, Lakukan 5 Hal Ini saat Temanmu Bersedih

Please log in or register to like posts.
News

Saat melihat teman atau sahabat sedang berduka, nggak jarang kita memberikan berbagai macam ucapan untuk menyemangati. Tujuannya sih baik, untuk menenangkan hati. Tetapi, nyatanya nggak semua kata penyemangat yang kita berikan bisa menghilangkan kesedihan mereka.

Memaksa seseorang untuk tetap berpositif di tengah kesedihan bukanlah empati, bahkan bisa-bisa itu menjadi toxic positivity. Bukan memperbaiki suasana hati, hal ini justru berpotensi memperkeruh keadaan. Biar nggak salah dalam berempati, kamu bisa lakukan hal ini agar terhindar dari toxic positivity alias sembarang menghibur.

 

Berikan dirinya kesempatan untuk bersedih

Mungkin mereka yang sedang bersedih pun juga paham kalau menangis dan bersedih nggak bakal menyelesaikan masalah yang ia alami. Tapi, kamu juga harus ingat kalau rasa sedih bukanlah perbuatan tercela yang nggak pantas untuk dilakukan. Toh, semua manusia berhak untuk meluapkan kesedihannya dengan menangis, kan? Terlepas dari masalah gender dan lain sebagainya. Berilah ruang untuk temanmu kala merasakan sedih, sejenak. Selama nggak berlarut-larut, menerima perasaan sedih bisa membuat hati terasa lebih lega.

 

Mereka nggak selalu butuh solusi, tapi harus dimengerti

Saat temanmu mulai terbuka dengan kesedihannya, terkadang mereka nggak menginginkan solusi dari apa yang sedang mereka hadapi. Mereka hanya ingin telingamu untuk mendengarkan dan mengerti apa yang ia rasakan. Cukup tunjukan kepedulianmu terhadap masalah yang sedang ia hadapi dan jangan mengambil keputusan untuk masalah yang sedang dihadapinya.

 

Jangan sekali-kali menghakimi

Saat ia memilih untuk menceritakan kesedihannya kepadamu, dengarkanlah dengan baik. Meskipun menurutmu masalah yang dihadapinya terdengar sepele, jangan sekali-kali merendahkan atau menghakiminya. Ingat, rasa sakit itu relatif. Apa yang menurutmu biasa belum tentu juga dirasakan oleh orang lain.

 

Belajar memaklumi

Salah satu unsur dalam berempati adalah memposisikan dirimu sesuai dengan sudut pandangnya. Daripada menyuruh seseorang untuk terus bersemangat dan nggak boleh bersedih, belajarlah untuk memahami perasaan yang ia rasakan saat ini. Beberapa orang justru akan merasa jauh lebih baik saat ada orang seperti kamu yang mampu memahami situasi dan memaklumi rasa sedihnya.

 

Jangan paksa dirinya untuk bersemangat

Nggak semua orang bisa berlagak sok kuat dalam menghadapi sebuah permasalahan. Beberapa dari mereka justru membutuhkan ruang untuk meluapkan perasaan negatifnya, entah dengan berdiam diri, menangis, dan lain sebagainya. Pasti nggak enak rasanya jika kamu menyuruh dirinya untuk meredam kesedihannya dan dipaksa untuk terus tampil ceria, padahal hatinya sedang hancur dan butuh pelampiasan.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan kepada orang yang sedang bersedih. Yuk, jadi pendengar yang baik!

(YS/ERN)

Cover: lfsneb.org

Reactions

1
0
1
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *