Image and video hosting by TinyPic

Jadi Mahasiswa Teladan Sambil Part Time, Ini Hal-hal yang Harus Kamu Lakukan!

Please log in or register to like posts.
News
Sepertinya nggak ada yang bisa mengalahkan kesibukan seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Gimana nggak, disamping kamu harus memusingkan tugas kuliah dan dosen yang suka mendramatisasi hidup, kamu harus tetap mencari nafkah untuk menopang kehidupanmu. Mungkin waktu dan kesehatan adalah dua masalah terbesar untuk saat ini. Akibatnya, hidupmu jadi nggak teroganisir dengan baik karena fokusmu terpecah. Nah, apa sih yang harus kamu lakukan agar hidup kamu lebih tertata?
Buat perencanaan yang terstruktur dan efektif
Cari tahu cara yang paling cocok untukmu dalam melakukan perencanaan, baik itu dengan menulis jurnal, buku perencana, atau kalender digital. Cobalah untuk memberi warna dan kode pada beberapa kegiatan yang berbeda, seperti belajar, kuliah, jam kerja, kehidupan sosial, dan lainnya. Dengan melakukan perencanaan, kamu mampu melihat semua kegiatan sekaligus menentukan waktu luang untuk melakukan tugas-tugas lain.
Cantumkan jam dan durasi kegiatanmu dalam agenda
Menetapkan jam dan durasi di masing-masing kegiatanmu dalam satu hari hingga satu minggu kedepan akan membuat hidupmu jauh lebih teratur. Mungkin berat saat kamu baru memulai kebiasaan ini, tapi kebiasaan ini akan sangat efektif untuk meningkatkan efektivitasmu dalam mengerjakan semuanya.
Mengerjakan tugas lebih awal
Setelah bekerja, kamu cenderung akan kehabisan tenaga. Akibatnya jika kamu mengerjakan tugas setelah pulang bekerja, tugasmu nggak optimal dan akhirnya kamu malah kekurangan istirahat. Sebisa mungkin, kerjakan tugasmu sebelum kamu berangkat bekerja. Mungkin, jika memang tidak memiliki waktu di siang atau sore hari, kamu bisa bangun lebih awal untuk mengerjakan tugasmu, entah pagi atau dini hari. Nggak perlu selesai saat itu juga, kamu bisa kerjakan semuanya sedikit demi sedikit.
Bawa buku prioritas
Masih terkait dengan perencanaanmu, selalu tulis tugas atau hal-hal yang perlu kamu kerjakan dalam buku catatan dan urutkan berdasarkan deadline dan prioritas. Dengan banyaknya hal yang perlu kamu kerjakan, mungkin saja apa yang kamu ingat tadi bisa terlupa saat waktunya tiba.
Review perencanaanmu dan putuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya
Setelah menentukan prioritas apa yang harus kamu kerjakan, kamu harus memutuskan apa yang harus kamu kerjakan sekarang dan apa yang bisa dikerjakan nanti. Jangan hanya dicatat, tapi dilakukan. Hehehe.
Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur sibuknya kehidupan perkuliahan sekaligus bekerja. Semangat ya!
(YS)
Cover: Recruiter.com
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *