Ini Penyebab “Food Coma” dan Cara Menanganinya!

Please log in or register to like posts.
News

Habis istirahat siang, makan di kantin dan minum jus, kok rasanya ngantuk banget, ya? Pernah merasakan hal ini? Ini namanya food coma, keadaan dimana kamu merasa ngantuk, malas bergerak, dan cenderung ingin tidur setelah makan. Padahal semestinya, kita semakin berenergi setelah makan, kan? Hmm… ini kata para ahli.

Dikutip dari Huffington Post Australia, pakar medis untuk diet dan nutrisi Robbie Clark mengatakan, perasaan sedikit capek dan ngantuk sehabis makan itu normal. Ada beberapa alasan mengapa manusia mengalami kelelahan makan siang, namun alasan utamanya adalah proses mencerna makanan.

Sesaat setelah makan, tubuh akan menggunakan energi yang cukup banyak untuk mencerna makanan. Alasan lain mengapa kita merasa mengantuk setelah makan adalah karena jumlah insulin yang diproduksi meningkat setelah makan makanan tertentu, terutama makan makanan bergula. FYI, insulin itu akan memicu hormon ‘bahagia’ sekaligus hormon yang bikin kita relaks dan akhirnya berujung pada keinginan untuk tidur.

Nah… ada cara agar rasa kantuk ini nggak hadir setelah kamu makan, yaitu sarapan. “Ketika tidak sarapan, tubuhmu menjadi lemas pada siang hari karena tenaga dalam tubuh merupakan sisa energi pada malam hari. Ditambah lagi, saat makan siang kalian akan sangat lapar dan cenderung makan dengan porsi besar. Ini yang membuatmu cepat mengantuk,” kata Clark.

Selain sarapan kita juga bisa menghindari food coma dengan makan sesuai porsi yang cukup atau kecil sepanjang hari, karena makan dengan porsi besar membutuhkan lebih banyak energi untuk mencernanya. Makan dengan porsi normal diselingi dengan beberapa snack nyatanya dapat membantu tubuhmu untuk menjaga kadar gula darah stabil dan memberi asupan energi yang teratur.

(YS/ERN)

Cover: y98.radio.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *