Ini Cara Menghadapi Teman yang Cuek Saat Kerja Kelompok

Please log in or register to like posts.
News
Dalam sekolah, pekerjaan kelompok pasti tak terelakkan. Namun terkadang, nggak selamanya kamu mendapatkan si ‘anak rajin’ karena kelompok yang ditentukan oleh guru atau undian.
Bahkan, nggak jarang kita menemukan teman yang memiliki sikap cuek alias apatis saat kerja kelompok. Heran deh dengan pelajar kayak gini, mereka nggak memiliki kedewasaan dan kebijaksanaan saat harus berhadapan dengan kerja kelompok. Jangankan datang pas diskusi, dihubungi aja susah banget. Pokoknya cuma nitip nama doang tanpa ikut kerja.
Nah, menyikapi hal tersebut, ini ada beberapa cara menghadapi orang-orang yang punya sikap apatis saat kerja kelompok. Yuk, cek dibawah ini!
Buat peraturan yang jelas untuk tiap individu
Langkah pertama ketika kamu tahu ada anggota kelompokmu yang bersifat apatis adalah membuat peraturan yang jelas sebelum mengerjakan tugas. Berikan tugas masing-masing yang dengan jelas dan pastikan jika mereka tahu ada konsekuensi jika mereka tidak mengerjakan apa yang sudah ditugaskan.
Jangan bersikap lunak
Meskipun dia teman mainmu, jangan bersikap lunak saat kerja kelompok. Bersikaplah tegas jika mereka memang sulit diajak kerja sama. Ingat, sebagai teman yang baik, kamu juga harus saling mendidik agar kamu dan temanmu sama-sama berkembang menjadi orang yang lebih baik.
Bagi tugas dengan porsi yang adil
Pembagian tugas sangat penting dalam kerja kelompok. Usahakan pembagian tersebut bersifat adil dan penuh pertimbangan bersama. Jangan sampai tugas tiap individu tidak beras sebelah sehingga nggak ada yang iri dengan satu sama lain. Jika terdesak dan nggak ingin risiko tugas mandek, kamu bisa beri porsi lebih sedikit kepada temanmu yang apatis.
Jangan takut untuk menegur
Memang setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Mereka yang apatis mungkin memang memiliki kesibukan di luar dan lain sebagainya. Tapi, nggak sedikit juga mereka apatis karena memang malas dan nggak dibiasakan untuk berjuang. Nah, inilah saatnya kamu menegur dia. Ada kalanya dia harus disadarkan dengan teguran yang lembut, namun ada juga yang memang harus ditegur dengan keras.
Selalu pantau progres pengerjaan
Mereka yang apatis cenderung lupa dengan pekerjaan yang dilimpahkan kepadanya. Terus ingatkan mereka dalam kondisi apapun. Selalu pantau progres pengerjaan melalui grup chat kelompok atau saat bertemu langsung di sekolah.
Ambil langkah tegas jika tidak mengerjakan
Jika semua yang dilakukan tidak menggemingkan otak dan hatinya, coba ingatkan dia kalau kalian bisa mencoret namanya dari kelompok. Hal ini kadang bisa memberikan efek jera yang ampuh, lho. Nah, jika masih cuek juga, coret namanya dari kelompok dan laporkan hal tersebut dengan guru yang terkait. Bukannya jadi cepu atau tukang ngadu, tapi ini mengajarkan kepadanya kalau ingin mendapatkan sesuatu, dia juga harus usaha dan berkontribusi.
Orang-orang yang ada di suatu kelompok tidak dipungkiri sangat sering ditemui. Tidak untuk dibiarkan, perlu ada tindakan tegas agar tidak merugikan anggota kelompok yang lain.
(YS)
Cover: roberthalf.com

Reactions

9
4
0
0
1
1
Already reacted for this post.

Reactions

9
4
1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *