Ini 4 Tipe Stres yang Paling Banyak Dialami Zaman Sekarang, Kamu Termasuk?

Please log in or register to like posts.
News
Fakta mengungkapkan, stres nggak mengenal umur. Bahkan sejak kamu kecil, kamu pasti sudah pernah mengalami stres. Sampai akhirnya saat ini kamu kebingungan bagaimana cara mengatasi stres yang sedang kamu alami. Sebelum tahu cara mengatasinya, kamu harus tahu beberapa tipe stres yang saat ini paling banyak dialami oleh orang saat ini.
Source: theguardian.com
Ambient anxienty
Tipe stres ini dapat terbilang cukup kronis. Stres ini disebabkan oleh kejadian atau momen yang terjadi di dunia. Contohnya, kamu mungkin jadi takut kemana-mana karena ledakan bom saat paskah di gereja Sri Lanka. Hmm, cara mengatasinya klasik namun harus konsisten dijalani. Kamu harus biasakan diri untuk selalu berpikir positif dan nggak usah terlalu memikirkan apa yang bakal terjadi nanti. Pokoknya, selagi masih ada waktu, jalani hidupmu dengan melakukan hal-hal positif agar hidup semakin bermakna.
Source: childline.org.uk
Bersekolah
Beberapa orang mengaku stres saat melakukan apa yang menjadi kewajibannya, salah satunya bekerja dan bersekolah. Menurut WHO, stres yang terjadi karena kerjaan pasti bakal menyebabkan sakit secara fisik. Akibatnya, produktivitas dan motivasi dalam melakukan apa yang harus dikerjakannya semakin menurun. Nggak cuma itu saja, menurut penelitian stres kerja dapat memicu komplikasi masalah pernafasan, masalah pencernaan dan bahkan dapat menyebabkan kanker. Jika kamu mengalami stres ini, ada kalanya kamu harus mencari waktu untuk istirahat sejenak, berdiskusi dengan orang yang dapat kamu percaya untuk mengungkapkan apa yang membuatmu stres serta melakukan hal-hal yang menurutmu menyenangkan dan menenangkan.
Source: nytimes.com
Urban living
Penelitian dari Douglas Mental Health University Institute mengungkapkan, kehidupan di kota besar sering menjadi penyebab utama orang terkena gangguan psikis. Faktor dipengaruhi oleh suara, aroma, dan kegiatan di kota yang memang memberikan efek yang kurang baik untuk makhluk hidup. Kalau kamu memang ingin mengatasi rasa stres ini, mau nggak mau kamu harus pindah ke daerah yang lebih sepi. Nggak perlu selamanya, mungkin bisa ambil beberapa waktu sampai otak dan pikiranmu kembali tenang.
Source: epicomm.org
Money woes
Last but not least, stres juga bisa terjadi karena orang nggak menabung atau mengalami masalah keuangan. Kalau dibiarkan terlalu lama, stres ini bisa menyebabkan masalah depresi yang lebih parah atau bahkan serangan jantung. Masalah keuangan ini emang nggak mudah diatasi, tapi bukan berarti nggak bisa diatasi. Pastinya, kamu harus ubah gaya hidup borosmu menjadi lebih hemat.
Itulah beberapa tipe stres yang paling sering dialami oleh orang-orang saat ini. Namun semua bisa diatasi asalkan kamu mau berubah. Pelan-pelan, yuk sama-sama ubah hidup kita menjadi lebih positif!
(YS)
Cover: Medibank

Reactions

0
0
0
0
0
1
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *