Image and video hosting by TinyPic

Ingin Coba Eksis Jadi Podcaster? Yuk, Baca Artikel Ini!

Please log in or register to like posts.
News
Setelah beberapa tahun video diagung-agungkan, kini tren digital mulai melirik dunia Podcast. Mengingat kesibukan yang padat, podcast menjadi pilihan beberapa orang karena lebih mudah dinikmati kapanpun dan dimanapun, entah saat istirahat di kantin atau sedang mengerjakan PR di rumah.
Nah, kalau kamu ingin coba peruntunganmu di dunia podcast, yuk simak langkah-langkah cara membuatnya!
Tentukan Tema
Sama seperti karya-karya lainnya, kamu harus membuat konsep terlebih dulu. Tema adalah hal krusial yang harus menjadi dasar. Tentukan apa garis besar yang akan kamu bahas, apakah podcast-mu akan membahas seputar daily life, movie discussion, music talk, dan lain sebagainya. Sangat direkomendasikan genre yang kamu pilih sangat kamu sukai dan kuasai agar mempermudahmu dalam mengeksplornya.
Tulis naskah
Naskah akan membantu kamu dalam menentukan garis utama dalam pembahasanmu saat menciptakan podcast. Nggak perlu kata per kata, kamu hanya perlu menulis poin-poin pembahasan yang akan kamu bicarakan. Ini akan membuat orbrolanmu lebih tertata dan orang pun lebih nyaman saat mendengarkan.
Siapkan alat dan software yang pas
Sebenarnya, alat termudah untuk membuat podcast ada dalam smartphone kamu. Cukup dengan fitur rekam suara, semuanya beres. Kemudian, kamu bisa menggunakan software Adobe Audition untuk mengedit audio yang sudah kamu rekam.
Rekam 3 episode awal
Sebelum memulai debutmu sebagai podcaster, buatlah setidaknya 3 episode awal sekaligus. Hal ini mempermudahmu untuk memperkaya konten sekaligus memanfaatkan semangatmu yang saat ini lagi terbakar.
Perluas pendengar dengan membuat akun media sosial
Jika sosial media pribadimu nggak cukup, kamu bisa buat akun media sosial khusus untuk podcastmu. Dengan media sosial, kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan pendengarmu, sehingga kamu tahu topik apa yang paling menarik dan relevan untuk para pendengarmu.
Konsisten upload karyamu
Setelah kamu sudah melakukan semua langkah di atas, kunci dari kesuksesanmu adalah konsisten. Sebagus apapun kontenmu, podcastmu nggak akan berkembang jika kamu nggak mengunggahnya secara konsisten. Nggak perlu sering, tapi konsisten. Misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali, tergantung waktu yang kamu perlukan dalam membuat podcast yang menarik.
Itulah langkah-langkah agar kamu menjadi podcaster terkenal. Silakan dicoba, ya!
(YS)
Cover: shure.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *