Hati-hati, Ini Bahaya Menggunakan VPN yang Harus Kamu Ketahui

Please log in or register to like posts.
News
Setelah Pemerintah Indonesia melakukan pembatasan akses media sosial selama 3 hari sejak Rabu (22/5/2019) kemarin, warga Indonesia banyak menggunakan akses alternatif agar dapat sekedar membuka Instagram atau melanjutkan bisnis berbasis online miliknya. Adalah VPN atau Virtual Private Network, dimana koneksi ini bersifat pribadi dan bebas dari pengawasan pemerintah. Dengan menggunakan VPN, kita bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan server lainnya secara bebas.
Namun ada beberapa hal yang biasanya tidak diperhatikan oleh orang awam dalam menggunakan VPN ini. Dan tentunya, jika tidak berhati-hati, penggunaan VPN bisa sangat berbahaya untuk keamanan data kamu. Berikut adalah hal yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin menggunakan VPN.
Phising/pencurian data
Saat mengakses internet secara normal, kita harus melewati protokol keamanan yang sudah dipasang oleh pemerintah. Fungsi VPN akan mencari jalur baru dan melewati protokol keamanan tersebut, sehingga situs atau jaringan internet yang sudah diblokir oleh pemerintah dapat kita akses dengan menggunakan VPN. Tapi di sisi lain, nggak adanya sistem keamanan dari pemerintah ini juga memperbesar potensi phising atau pencurian data. Data yang dicuri ini bukan dokumen laporan tugas sekolahmu doang, lho. Data yang dicuri bisa meliputi nama pengguna, alamat, username, password, dan data penting lainnya. Bahkan bisa jadi nomor kartu kredit dan nomor rekeningmu beserta passwordnya juga ikut diambil dan disalahgunakan.
Malware
Jika kamu pernah mengalami pop-up iklan nggak jelas dalam browser komputer atau gadget kamu saat berselancar di dunia internet, ada kemungkinan kalau gadget kamu terkena malware. Malware ini biasanya sangat mudah masuk kedalam semua perangkatmu lewat VPN. Apalagi, beberapa penyedia VPN gratis yang tidak terpercaya justru meraup keuntungan dengan meletakkan malware dalam koneksi yang mereka siapkan untukmu. Dan akibatnya, mereka masih bisa mendapatkan keuntungan meskipun kamu nggak menggunakan VPN tersebut lagi.
Digunakan sebagai Network End-Point
Bisa dikatakan, developer VPN yang kamu gunakan bisa menggunakan IP address kamu untuk menjadi network end-point. Network end-point ini cukup berbahaya untukmu, karena oknum tersebut dapat nebeng IP address kamu untuk melakukan hal-hal kriminal, seperti hacking, atau aktivitas cybercrime lainnya. Alhasil, sistem pelacak akan mengidentifikasi IP address-mu dan kamu bisa terjerat hukum karenanya.
Itulah beberapa hal yang sangat perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan VPN. Berhati-hatilah menggunakan VPN sebelum terlambat. Tinggal sehari lagi, nggak ada salahnya untuk bersabar dan nggak menggunakan media sosial untuk sementara waktu. Yuk, jadi pengguna internet yang pintar!
(YS)
Cover: blog.avira.com

Reactions

3
0
0
0
1
0
Already reacted for this post.

Reactions

3
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *