Hati-hati! FaceApp Palsu Telah Memakan Korban 10.000 Orang Indonesia

Please log in or register to like posts.
News
Kini aplikasi FaceApp kembali viral di media sosial karena tantangan #agechallenge, termasuk Indonesia. Namun hati-hati, ada modus baru yang menggunakan popularitas aplikasi ini. Para penjahat siber menggunakan video YouTube untuk mempromosikan aplikasi FaceApp versi “Pro”.
Parahnya, nggak sedikit pengguna smartphone yang terjebak dan tertipu dengan aplikasi palsu ini. Perusahaan keamaanan personal gadget dan internet ESET mengungkapkan, sekitar 96.100 orang telah mengklik dan sangat berpotensi mengunduh aplikasi palsu tersebut, 10.737 diantaranya berasal dari Indonesia. Angka tersebut dikumpulkan dari data unduhan aplikasi “FaceApp Pro” yang disertakan dalam beberapa video tutorial dalam YouTube dengan kata kunci “Download FaceApp Pro Free”. barrie360.comSayangnya, aplikasi ini masih bebas beredar di Internet dan angka penggunanya terus bertambah seiring berjalannya waktu.
Mengapa berbahaya? Aplikasi ini masuk dalam kategori scammers, dimana oknum akan memasukkan virus malware sekaligus melakukan phishing atau pencurian data-data pribadi, seperti dokumen penting, nomor kontak, hingga password semua akun yang terekam dalam smartphone-mu, termasuk identitas email, dan mobile banking.
Awalnya, video tersebut akan memberikan tutorial cara mendownload aplikasi “FaceApp Pro” secara gratis. Jika penonton termakan dengan ajakan tersebut, mereka akan mengklik link yang dilampirkan dalam caption deskripsi. Setelah mengunduh dan membuka aplikasi palsu tersebut, secara diam-diam virus akan bekerja dan merusak gadgetmu dengan perlahan.
Selain mengunduh aplikasi resmi, cara menghindari modus terbaru ini adalah bijak dan berhati-hati dalam mengikuti tren yang sedang viral. Ingat, kesenangan sesaat setelah mengikuti tren bisa membuat dongkol jika kamu nggak menjaga keamananmu juga, lho. Stay safe, ya!
(YS/ERN)
Cover: barrie360.com

Reactions

0
0
0
1
1
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *