Haruskah Maba Bergabung dalam Organisasi Kampus? Ini 4 Alasannya

Please log in or register to like posts.
News

Untuk beberapa orang, bergabung dengan organisasi yang ada dalam kampus sering dianggap buang-buang waktu dan menyusahkan. Kebanyakan dari mereka lebih memilih fokus pada perkuliahan, mengejar nilai bagus dan menjadi ‘kupu-kupu'(baca: kuliah-pulang-kuliah-pulang), terlebih mahasiswa baru (maba) yang memerlukan waktu untuk beradaptasi di dunia perkuliahan.

Padahal, banyak hal yang bisa kamu peroleh saat tergabung dalam organisasi kampus. Dan tentunya, beberapa hal ini belum tentu kamu dapatkan dalam kelas, lho. Simak empat kelebihan saat kamu tergabung dalam organisasi kampus.

Melatih softskill

Sayang banget jika kamu hanya mengandalkan ilmu yang kamu dapatkan dalam kelas dan memilih untuk menghindari kegiatan berorganisasi dalam kampus. Banyak hal yang bisa kamu kembangkan dalam organisasi, salah satunya softskill yang nggak didapat dalam kelas. Hal yang bisa kamu latih dalam organisasi diantaranya seperti belajar kepemimpinan, mempelajari cara berkomunikasi, me-manage tanggung jawab, mengambil keputusan dan lain sebagainya. Semua itu akan membuatmu berpikir lebih cepat, kritis dan nggak gampang goyah dalam tekanan. Kelebihan dan karakter ini sangat berguna untuk langkah hidupmu selanjutnya di dunia kerja.

Membangun relasi

Relasi sangat penting dimiliki oleh mahasiswa baru sepertimu. Tergabung dalam organisasi akan memberikanmu kesempatan untuk mengenal mahasiswa lain dari berbagai jurusan dan karakter yang berbeda. Dengan membangun relasi secara langsung, kamu akan banyak memahami tentang metode komunikasi yang tepat dengan orang-orang yang latar belakangnya berbeda. Nggak jarang kamu bisa mendapatkan teman dekat atau bahkan pasangan dalam organisasi, lho.

Belajar mengatur waktu

Dengan berorganisasi, kamu dituntut untuk bijak dalam mempergunakan waktu. Kamu harus mengatur waktu antara hadir dalam kelas, mengerjakan tugas-tugas kuliah, rapat organisasi, serta kehidupan sosial lainnya di luar kampus. Kemampuan mengatur waktu ini sangat penting untuk kehidupan sehari-hari kamu nantinya. Semua ini dapat kamu mulai dengan memiliki catatan untuk setiap aktivitas yang harus kamu lakukan di hari-hari mendatang.

Berpengalaman mengerjakan sesuatu dalam tim

Sebuah organisasi yang sehat dapat berjalan dengan baik karena kerjasama antar anggotanya. Pengalaman ini akan membentukmu menjadi orang yang dapat mementingkan kepentingan orang lain ketimbang memenuhi ego sendiri. Ingat, orang yang dapat bekerja dalam tim sangat dicari dalam dunia kerja, lho. Percuma jika kamu sangat hebat dalam bidangmu namun nggak memiliki kemampuan untuk bekerja dalam sebuah tim.

Setelah mengetahui pentingnya organisasi kampus, apakah kamu mau bergabung dalam organisasi kampus? Organisasi apa yang kamu minati, nih? Yuk, tulis dalam kolom komentar!

(YS/ERN)

Cover: sheerid.com

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *