Harus Dipertahankan, 3 Sikap Ini Bisa Menjadikanmu Pribadi yang Anti Hoax

Please log in or register to like posts.
News
Di zaman milenial, informasi sangat begitu cepat dan mudah dapat. Banyak sih sisi positifnya, kita jadi gampang berkomunikasi dengan teman atau keluarga kita, nggak kenal jarak dan waktu. Di sisi lain, informasi yang kita dapatkan jadi sulit difilter. Kebenaran berita menjadi abu-abu, sulit terdeteksi mana yang benar maupun hoax.
Berita atau informasi hoax sering dipakai segelintir oknum yang nggak bertanggung jawab untuk memecah kerukunan yang ada demi kepentingannya terpenuhi. Hal ini nggak cuma terjadi akhir-akhir ini, lho. Bahkan untuk menghancurkan persatuan Indonesia, para penjajah juga menggunakan berita hoax dengan sistem adu domba agar melemahkan pertahanan kerajaan-kerajaan di Indonesia.
Nah… untuk menyaring hal-hal negatif ini, kamu harus membentengi dirimu dengan pola pikir yang benar. Kamu cukup memiliki 3 sikap seperti di bawah ini.
Nggak mudah percaya
Sikap skeptis atau nggak mudah percaya dengan orang lain dibutuhkan di zaman modern ini. Bukannya memandang negatif semua kata orang, tapi kita harus menyeleksi informasi dan nggak menelan bulat-bulat informasi yang disampaikan oleh orang lain itu. Kamu harus mencari fakta kebenarannya terlebih dulu sebelum mengambil keputusan untuk percaya.
Melihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda
Sebelum mempercayai sesuatu, kamu harus melihat informasi tersebut dari sudut pandang objektif atau nggak memihak. Membandingkan informasi dari berbagai sumber sangat penting guna mencari fakta yang sebenarnya. Itung-itung jadi detektif informasi, nih. Hehehe.
Nggak mudah terpancing dan ikut-ikutan
Seseorang yang mudah dipengaruhi karena sesuatu hal menunjukan kalau dia sangat mudah menjadi sasaran informasi hoax. Banyak hal yang bisa mempengaruhi, salah satunya adalah rasa benci terhadap seseorang atau kelompok lain. Nah… kita sebagai anak muda yang berkualitas, nggak boleh ikut-ikutan membenci orang atau kelompok yang nggak sepandangan sama kita. Justru, kita harus menjadi peace maker dalam lingkungan kita. Perbedaan itu biasa. Justru dari perbedaan inilah kita bisa terus melihat dari perspektif yang berbeda dan berusaha untuk lebih baik lagi.
Jika kamu punya sikap-sikap diatas, dijamin kamu adalah pribadi yang anti hoax. Pertahankan sikap-sikap ini. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah jadilah anak muda yang bertanggung jawab dalam menyebarluaskan informasi.
Gunakan lidah dan jempol kamu bukan untuk menyebarkan berita yang memperkeruh suasana, melainkan menciptakan suasana yang aman dan damai. Salah satu harta yang paling mahal dalam Dunia ini adalah rasa kepercayaan. Saat kamu gegabah menyebarkan berita yang salah, kepercayaan orang lain terhadapmu akan berkurang. Yuk selektif dalam menerima informasi dan sebarkan rasa saling mencintai terhadap sesama!
(YS)
Cover: Crosswalk.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *