Harus Berhati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kecerdasan Emosimu Menurun!

Please log in or register to like posts.
News
Seperti halnya kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi juga dapat mengalami penurunan jika nggak dilatih, lho. Dan sedihnya, bukan faktor eksternal yang menyebabkan kecerdasan emosimu menurun, melainkan beberapa hal sepele seperti 5 kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar ini.
Mengasihi diri sendiri secara berlebihan
Mengeluh dan nggak puas dengan keadaan saat ini adalah hal yang manusiawi. Tetapi, jika selalu terjebak dengan rasa mengasihani diri sendiri, hal ini bisa membuat kecerdasan emosimu menurun, lho. Dengan perasaan yang selalu berbeban berat, kamu mulai egois dan enggan mempedulikan orang lain. Bagimu nggak ada orang yang perlu ditolong selain kamu, sehingga kamu fokus dengan masalah-masalahmu dan nggak peduli dengan masalah orang lain.
Mementingkan ambisi pribadi di atas segalanya
Ambisi memang penting agar kita terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di bidang yang kita tekuni. Namun menjadikan ambisi pribadi diatas segala kepentingan orang lain dapat membuat kecerdasan emosimu menurun. Misalnya, agar menjadi pemain terbaik di kejuaraan sepak bola tingkat sekolah, kamu tidak melakukan operan kepada temanmu dan memaksakan diri agar kamu terus mencetak gol dan menjadi top skor. Bukannya mendapat gelar tersebut, akhirnya tim kamu kalah karena keegoisanmu ini.
Selalu komplain dan kurang mengapresiasi pekerjaan orang lain
Ketika lupa berterima kasih atau mengapresiasi hasil kerja orang lain, tanpa sadar kamu telah membiarkan kecerdasan emosimu menurun. Kebiasaan ini akan membuat perasaanmu semakin tumpul untuk menghargai usaha yang sudah dilakukan orang lain terhadapmu. Akhirnya, kita jadi nggak pernah puas dengan pekerjaan orang lain dan selalu mengkritik pekerjaan orang lain.
Menunjukan emosi secara berlebihan
Menunjukan emosi di waktu yang tidak tepat juga harus dikurangi. Apalagi, jika emosi yang kita tunjukan sangat berlebihan. Self-management dan self-control perlu kamu latih agar emosimu nggak meledak-ledak saat berhadapan dengan orang lain. Cobalah ikuti terapi-terapi menenangkan diri dan temukan cara yang tepat untuk menunjukkan emosimu dengan lebih baik.
Memendam emosi dalam hati
Kebalikannya, memendam emosimu dalam-dalam agar tidak diketahui orang lain juga nggak baik nih. Terus memendam sendiri luka dalam hati suatu saat dapat membuat emosimu nggak stabil dan akhirnya depresi. Menunjukkan emosi juga perlu demi kesehatan mental dan kecerdasan emosi kita.
Itulah beberapa kebiasaan yang biasanya dianggap sepele namun bisa menurunkan kecerdasan emosi kamu. Hindari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sudah disebutkan tadi agar kecerdasan emosimu bisa meningkat, ya.
(YS/ERN)
Cover: udemy.com

Reactions

0
1
0
0
1
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *