Fenomena Indah Frost atau Embun Beku di Gunung Bromo, Ternyata Berbahaya!

Please log in or register to like posts.
News
Sejak 16 Juni 2019 kemarin, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menjadi viral karena munculnya fenomena frost atau embun beku di area puncak pegunungan. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang sangat dingin. Banyak pendaki yang meramaikan kawasan ini karena ingin melihat indahnya fenomena yang terbilang unik di Indonesia ini.
Namun di balik keunikan dan keindahannya, ada bahaya yang mengintai, lho. Jika tanpa peralatan yang lengkap, kamu bisa saja pingsan! Hal ini bisa terjadi karena suhu tubuhmu ‘kaget’ atau belum beradaptasi dengan suhu yang sangat dingin tersebut. Pengelola Balai Besar kawasan ini secara khusus meminta wisatawan untuk mengantisipasi fenomena tersebut, sebab fenomena frost adalah penanda bahwa suhu dalam kawasan tersebut sedang ekstrem.
Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelapor dan Humas TNBTS Sarif Hidayat meminta seluruh wisatawan untuk mengenakan pakaian penghangat, seperti jaket ganda, sarung tangan, kaos kaki, dan topi penghangat seperti kupluk. Selain itu Sarif juga meminta para wisatawan membekali diri dengan termos air hangat serta obat-obatan sesuai dengan kebutuhan pribadi.
Terdapat 3 titik di kawasan TNBTS yang terdeteksi terjadi fenomena frost, yakni Ranupani, Cemoro Lawang Lautan Pasir dan Penanjakan. Di Penanjakan, lokasi para wisatawan melihat matahari terbit, suhunya sudah mencapai 0 derajat celsius. Untuk kamu yang merencanakan liburan ke Bromo, jangan lupa jaga kesehatan dan keamanan diri, ya!
(YS)
Cover: travel.tribunnews.com

Reactions

0
2
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

2 comments on “Fenomena Indah Frost atau Embun Beku di Gunung Bromo, Ternyata Berbahaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *