Deal, Ibu Kota Indonesia akan Pindah Ke Kalimantan

Please log in or register to like posts.
News
Palu sudah diketok, Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo sudah memastikan kalau Ibu Kota Tanah Air akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Menteri PPN sekaligus Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro. Namun, ia nggak memberikan keterangan pasti di mana provinsi atau daerah di Pulau Kalimantan yang akan ditunjuk sebagai pengganti Ibu Kota DKI.
“Iya (persetujuan pemindahan ibu kota negara) nanti diumumkan. Pulaunya Kalimantan, provinsinya nanti,” katanya dikutip dari CNN.
Ide pemindahan ibu kota dari kota metropolitan ke tempat lain memang bukan hal yang baru. Ide ini bahkan sudah mulai direncanakan sejak era Presiden Soekarno dan Soeharto. Rencana ini selalu dibahas oleh beberapa presiden setelahnya, namun keputusan baru diambil pada era Presiden Jokowi periode 2014-2019.
Terdapat dua lokasi yang menjadi kandidat kuat ibu kota baru, yakni kawasan Bukit Soeharto, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur serta Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Di tahap awal, ibu kota baru ini akan mendatangkan 1,5 juta penduduk. Perhitungan tersebut termasuk perkiraan jumlah PNS pusat, pegawai legislatif, yudikatif, dan legislatif yang diperkirakan sebanyak 200.000 jiwa, serta aparat Polri dan TNI sekitar 25.000 jiwa.
Untuk membangun ibu kota baru seluas 40.000 hektar, setidaknya pemerintah hatus memerlukan dana hingga USD 33 miliar atau sekitar IDR 446 triliun. Namun kembali lagi, jumlahnya masih dalam tahap perencanaan dan bisa berubah.
Bagaimana dengan Superyouth yang ada di Kalimantan? Siap pindah ke ibu kota baru atau memilih untuk menetap di kotanya masing-masing? Tulis di kolom komentar, ya!
(YS/ERN)
Cover: Merdeka.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *