Bukan Menjilat, Ini 6 Trik Psikologi Ini Ampuh untuk Mengambil Hati Banyak Orang

Please log in or register to like posts.
News
Pernah nggak sih kamu mengalami yang namanya sulit memenangkan hati orang lain atau sulit bergaul dan mendapatkan teman di lingkungan sekitarmu? Kalau itu jadi masalah dan pergumulanmu, ada 6 trik psikologi yang bisa kamu terapkan. Tenang… tips ini juga untuk kamu yang nggak suka menjilat kok, hehehe.
Bijak dalam memberikan pujian
Penelitian mengatakan, pujian memiliki dua reaksi yang berbeda berdasarkan subjek yang dituju. Untuk mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi, pujian yang kamu lontarkan cenderung akan memberikan penilaian yang baik terhadapmu. Tetapi hal ini justru bisa berbanding terbalik untuk mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah. Menurut mereka, pujian yang kamu berikan cenderung dinilai mengada-ngada dan justru mereka menganggap kalau kamu orang yang suka menjilat. Tetapi nggak bisa dipungkiri, setiap orang pasti butuh apresiasi. Intinya, jangan berlebihan dalam memuji seseorang.
Mengulang kembali makna pembicaraanya dengan kata atau frasa lain
Salah satu cara mengambil hati orang lain saat berdialog adalah menunjukan empati dan perhatian, kalau kamu benar-benar memahami mereka. Seseorang akan cenderung nyaman saat berbicara dengan kamu jika kamu mendengarkan apa yang dia katakan. Setelah itu, kamu bisa mencoba mengkonfirmasi apa yang kamu tangkap dari apa yang mereka katakan dengan mengulangi makna perkataan orang itu dengan bahasamu. Hal ini menunjukan kalau kamu paham atau mencoba mengerti apa yang sedang ia bicarakan.
Meniru gerak gerik lawan bicara saat berbincang
Ini teknik yang lumayan expert, nih. Di saat kamu harus mendengarkan seksama apa yang diucapkan orang yang sedang kamu ajak bicara, kamu juga harus memperhatikan dan meniru pola dan tingkah laku orang tersebut dalam berbicara. ‘Bunglon’ adalah sebuatan untuk orang-orang yang mampu melakukan ini secara alami. Menurut penelitian, secara nggak sadar orang yang ditiru cenderung akan bersikap baik kepada orang yang menirunya. Selain itu, cara ini juga cenderung dapat membuat kamu lebih diakui oleh orang itu secara positif.
Respon mengangguk dalam percakapan
Penelitian mengatakan, orang yang mengangguk saat mendengarkan pembicaraan orang lain cenderung dianggap setuju dengan orang tersebut. Kalau kamu ingin terlihat lebih meyakinkan, trik ini bisa kamu terapkan dalam percakapan. Lawan bicaramu biasanya tanpa sadar akan ikut mengangguk dan merasa nyaman dengan pembicaraanmu.
Senyum tulus
Pepatah mengatakan, “Senyummu mengalihkan duniaku” ehehe. Trik yang disebut Benjamin Franklin Effect ini cenderung akan membuat kamu disukai oleh orang lain karena sifat ramahmu, terutama jika kamu menunjukan rasa berterima kasih kamu dengan senyuman yang tulus.
Silent, watch, and listen
Selain untuk menunjukan perhatian kamu sama lawan bicara kamu, trik ini bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan ketidaksetujuanmu terhadap pendapat mereka dengan cara yang halus dan sopan. Trik ini disebut Ransberger Pivot. Daripada berargumen, lebih baik kamu mendengarkan dan mencoba memahami lewat perspektifnya. Usai mereka berbicara, kamu bisa berbagi pendapatmu dengan argumen yang berdasar tanpa melukai hati dia. Cara ini akan membuatnya mendengarkan penjelasan dan koreksimu.
Nah, itulah 6 trik psikologi yang bisa kamu terapkan untuk menggaet hati orang lain, terutama saat sedang berkomunikasi tatap muka dengan orang lain. Selamat mencoba, ya.
(YS)
Cover: freepik.es

Reactions

1
0
0
0
0
1
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *