Broken Home? 5 Tips Ini Bisa Membantumu untuk Kuat Menghadapinya

Please log in or register to like posts.
News
Terkadang, nggak semua hal dalam hidup ini bisa dikontrol atau berjalan sesuai dengan keinginan kita. Rasanya ingin sekali memiliki keluarga yang utuh dan saling mengasihi seperti keluarga ideal pada umumnya.
Manusiawi jika kamu kecewa dengan keadaan keluargamu yang broken home. Namun, jika kamu terus tenggelam dalam rasa kecewa yang mendalam dan nggak melepaskannya, maka kamu sama saja melepaskan potensi dan kesempatanmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Ketika semua berbeda dari apa yang kamu harapkan, kamu hanya perlu semangat untuk menjalaninya. Broken home memang menyakitkan, namun bukan berarti kita sebagai anak broken home harus memiliki hidup yang hancur juga. Banyak anak-anak broken home yang tumbuh menjadi anak yang sukses. Meski berat, berikut 5 cara yang ampuh agar kamu selalu semangat menjalani hidup.
Belajar menerima kenyataan
Kenyataan kalau memiliki keluarga yang sudah nggak utuh memang pahit. Namun dengan menerima kenyataan ini, kamu dapat belajar untuk lebih tangguh dan dewasa dari sebelumnya. Terimalah kenyataan ini dengan lapang dada dan selalu tetap bersyukur. Karena jika kamu melawan kenyataan ini, kamu nggak bakal memiliki kedamaian dalam hati.
Fokus pada tujuanmu
Ingat, hidupmu masih panjang. Apa yang menjadi tujuan hidupmu harus kamu perjuangkan, fokus pada mimpi dan cita-citamu. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menggapainya, karena tidak ada yang mustahil jika kamu terus berusaha dan berdoa.
Tetap optimis
Orang tangguh bukanlah orang yang nggak pernah menangis, namun mereka adalah orang yang berani menghapus air matanya, bangkit dari keterpurukannya dan berjuang untuk menjadi lebih baik. Mungkin jalan hidup yang Tuhan izinkan untuk kita begitu berat. Namun percayalah, Tuhan ingin memakaimu lebih lagi untuk mengerjakan pekerjaan-Nya di dunia ini untuk kamu.
Berserah pada Tuhan
Tuhan memberikan hak kepada setiap manusia untuk memilih pilihan hidupnya masing-masing. Jangan salahkan Tuhan jika orangtua kamu memilih jalan terbaik menurut mereka, yakni berpisah. Namun percayalah, Tuhan nggak bakal tinggal diam jika kita sebagai anak-Nya meminta untuk memulihkan keluarga kita. Memang semua butuh proses. Setialah pada proses yang Tuhan berikan, dan berusahalah menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.
Jadilah anak yang terus menyayangi orangtua
Mungkin hari ini kita nggak bisa berbuat apa-apa untuk keadaan ini. Tapi yang bisa kita lakukan adalah menunjukan kalau kita masih bisa menjadi anak yang menyayangi dan menghormati kedua orangtua kita, terlepas mereka bisa menjadi teladan atau tidak. Tunjukan kepada mereka kalau kamu tetap mengasihi mereka, apapun yang terjadi. Mungkin suatu saat mereka akan sadar betapa pentingnya cinta kasih yang utuh dalam keluarga dan akhirnya mereka bisa dipersatukan kembali.
Itulah 5 tips agar kamu kuat menghadapi keluargamu yang broken home. Seperti yang sudah diucapkan sebelumnya, kecewa dengan keadaan saat ini adalah hal yang manusiawi. Namun jika kamu terus memendam rasa benci dan kekecewaanmu, maka kamu sama saja mematikan potensi untuk hidup dalam kedamaian. Nggak ada salahnya jika kamu menceritakan rasa kekecewaanmu kepada orang yang kamu percaya.
Jika kamu memang membutuhan teman curhat, Superyouth siap mendengarkan seluruh isi hatimu. Kita bisa ngobrol bareng via Line @superyouth.id (gunakan @) atau via Whatsapp di 085695770501. Kamu juga bisa telepon kami di 1500224. Semangat, ya!
(YS)
Cover: treeoflifeutah.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *