Breaking News! “Spider-Man” Keluar dari MCU

Please log in or register to like posts.
News

Sepertinya “Spider-Man” bakal benar-benar akan far from home. Kabar mengejutkan, Marvel Studios dan Sony Pictures nggak mencapai kesepakatan untuk melanjutkan lisensi pembuatan franchise “Spider-Man”. Keputusan ini membuat Peter Parker yang belakangan diperankan oleh Tom Holland harus angkat kaki dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Alasan pembatalan kesepakatan ini cukup sensitif, yakni masalah pembagian keuntungan antara Marvel dan Sony.

Sudah lebih dari satu dekade Sony telah memegang hak cipta franchise pembuatan film “Spider-Man” dan tergolong sukses dengan franchise versi Tobey Maguire di tahun 2000an. Saat itu, trilogi franchise film ini omzetnya mencapai USD 2,5 miliar secara global. Kemudian Sony melakukan reboot yang diperankan oleh Andrew Garfield yang dirilis pada 2012 dan 2014. Namun, franchise ini cukup mengecewakan fans dan mulai mengalami degradasi popularitas.

Pada 2015, “Spider-Man” is coming home. Akhirnya Sony dan Disney memperoleh kesepakatan, Marvel mendapatkan lisensi penggarapan karakter Spider-Man dan dapat memasukkan karakter ikonik superhero Marvel tersebut kedalam MCU. Kesepakatan ini termasuk pembiayaan produksi masih didominasi oleh Sony, sehingga persentase keuntungan film lebih banyak didapatkan Sony ketimbang Disney.

Dibawah naungan Marvel, nama Spider-Man kembali bersinar. Bahkan omzet film “Spider-Man: Far from Home” telah mencapai USD 1,1 miliar, melampaui keuntungan film “007: Skyfall”, film yang sebelumnya memiliki omzet tertinggi yang pernah dibuat oleh Sony Pictures.

Merasa berkontribusi lebih, Disney meminta Sony mengubah kesepakatan dalam pembiayaan produksi jadi 50/50 untuk film-film Spider-Man selanjutnya yang artinya mereka harus membagi keuntungan franchise ini menjadi 50/50. Sony nggak setuju. Kemudian Disney mengancam, Spidey akan dikeluarkan dari MCU dan nggak akan diproduksi oleh Marvel lagi.

Pembatalan kesepakatan sangat mengagetkan dan tentu membuat para fans marah. Selain menghancurkan plot cerita MCU yang sangat dinanti-nantikan, kita juga terpaksa gigit jari karena harus kehilangan dua film standalone Spider-Man garapan Marvel di kemudian hari.

Namun, masih ada harapan. Nasib Spider-Man dalam MCU masih bisa dipertahankan. Dilansir dari Buzzfeed News, negosiasi antara Disney dan Sony mengenai karakter ini masih berlanjut.

Di sisi lain, ada kemungkinan jika Sony akan mengeksploitasi karakter Spider-Man dan akan disandingkan dengan Venom yang diperankan oleh Tom Hardy, termasuk film animasi “Spider-Man: Intu the Spider-Verse”.

Tapi, tanpa kemunculan Holland dalam film-film MCU selanjutnya, mungkin umur karakter ikonik ini nggak akan bertahan lama. Hiks… Bagaimana nih tanggapan kalian?

(YS/ERN)

Cover: independent.co.uk

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *