Biar Paham, Ini Alasan Mengapa Seseorang Harus Memiliki Waktu untuk Menyendiri

Please log in or register to like posts.
News
Tinggal di negara dengan budaya ‘ketimuran’ yang kental bukanlah hal mudah. Hampir semua dilakukan dengan sistem kekeluargaan. Nggak salah sih, tapi ada saatnya kamu membutuhkan ‘me time’ atau waktu untuk sendiri, terbebas dari segala interaksi di sekitarmu. Sayangnya, beberapa orang nggak memahami hal ini. Bahkan, perilaku menyendiri ini dapat dikategorikan sebagai perilaku negatif oleh sebagian orang. Mereka cenderung menilai orang ini sebagai pribadi yang sombong, anti sosial, dan cuek dengan keadaan.
Sebelum di-judge dengan prasangka-prasangka buruk, orang yang memilih menyendiri ternyata memiliki alasannya tersendiri. Langsung simak beberapa alasannya di bawah ini!

 

Source: creativitypost.com
Ingin bebas dari keramaian
Nggak bisa dipungkiri, di era modern ini kita dituntut untuk hidup sibuk dan nggak lepas dari keramaian. Namun, kamu juga perlu bernapas dan menenangkan diri. Bukannya nggak mau berbaur dengan orang lain, tapi sedikit menjauh demi menenangkan pikiran yang padat karena aktivitas sekolah dan tanggung jawab yang berat.
Source: rd.com
Berusaha untuk memperoleh suatu ide dan gagasan baru
Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk ketenangan. Mereka yang penyendiri juga terkadang sengaja menjauh dari segala kesibukan untuk mencari ide baru. Dengan menjauh, mereka jadi bisa berpikir lebih tenang dan mengasah otak agar dapat menciptakan ide-ide dan gagasan-gagasan baru yang cemerlang.
Source: Flickr
Mencari solusi dari masalah
Kita nggak tahu bagaimana kehidupan yang sesungguhnya dari orang tersebut. Bisa saja, ketenangan yang ia butuhkan saat ini adalah bagian dari pencarian solusi dari suatu masalah yang ia miliki. Bukan menghindar dari masalah, namun berusaha memikirkan jalan keluar tanpa membebani kehidupan orang lain.
Source: stuff.co.nz
Merenung dan mensyukuri apa yang ia miliki saat ini
Bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan nggak melulu dilakukan dengan pesta yang meriah atau unggahan foto di media sosial. Menjauh dari kesibukan banyak orang, berdiam, dan merenung akan kebaikan Tuhan dalam kehidupan nyatanya dapat membuatmu hidup lebih bahagia, lho. Jika kamu merasa kurang bahagia, mungkin kamu harus mempraktikan hal ini.
Source: shutterstock.com
Membutuhkan konsentrasi tinggi agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan maksimal
Terkadang kesibukan dapan mendistraksi seseorang dalam mengerjakan sesuatu. Ada kalanya ketenangan adalah kunci dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan nyatanya, nggak sedikit juga kok orang yang membutuhkan ketenangan agar dapat fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan maksmal.
Itulah alasan mengapa seseorang termasuk kamu butuh untuk memiliki waktu tenang sendiri. Namun, menjadi  tertutup dan mencoba mencari jalan keluar sendiri nggak bakal menyelesaikan masalahmu juga, lho. Ada kalanya kamu harus menceritakan masalahmu kepada orang yang kamu percaya. Nah, untuk kamu yang bingung ingin cerita kemana, kamu bisa langsung chat kami via Whatsapp di 08179942600 atau via line @superyouth.id (gunakan @). Jika membutuhkan respons yang cepat, kami juga siap mengobrol langsung via telepon di 1500224. Semangat!
(YS)
Cover: desiringgod.org

Reactions

1
11
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
11

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *