Biar Nggak Nyesel di Masa Tua, Ini yang Harus Kamu Pikirkan dari Sekarang

Please log in or register to like posts.
News
Semua penyesalan pasti datangnya terlambat. Apalagi, penyesalan itu baru disadari di kala usia senja. Jika sudah demikian, betapa menyedihkannya hidup ini karena waktu dan kesempatan sudah nggak bisa diputar kembali.
Beberapa hal ini adalah keputusan yang biasanya paling sering disesali dan baru disadari saat kita sudah nggak muda lagi. Tenang, kamu nggak perlu mengalaminya, kok. Yuk belajar dari para senior.
Terlalu sibuk sehingga mengabaikan keluarga
Kata pepatah, waktu terasa begitu banyak saat kita masih muda, tetapi nggak dengan uang yang ada. Namun sebaliknya, saat tua nanti, kita akan memiliki segalanya kecuali waktu. Inilah sebuah realita yang mungkin akan kamu hadapi. Kamu akan memprioritaskan waktu untuk bekerja. Akibat waktu kerja yang berlebihan, kamu juga akan menghabiskan banyak waktu untuk mencari kesenangan diluar dan nggak ada waktu untuk kumpul sama keluarga. Namun seiring berjalannya waktu, orang tuamu akan semakin tua dan akhirnya tiada. Kamu akan kangen dengan momen-momen simpel seperti ngobrol singkat dengan orang tua, dan terus menyesalkan mengapa tidak memberikan waktu lebih bersama mereka.
Tidak menabung untuk masa depan
Ada beberapa alasan mengapa orang tidak menabung di hari tua mereka, salah satunya karena pengeluarannya hari ini nggak terkontrol dengan baik. Orang tua dari beberapa orang yang kami kenal mengaku sangat menyesal karena ia nggak mempersiapkan uang untuk pendidikan anaknya. Mereka berpikir, uang yang saat ini mereka punya akan lebih menguntungkan jika diputar dalam usaha yang mereka kerjakan saat ini, dengan harapan kamu akan melanjutkan usaha mereka. Hmm, mungkin saat ini beberapa dari kita juga merasakan hal seperti ini ya. Tapi, daripada terus menyalahkan keadaan orang tua yang sudah nggak bisa di ubah, yuk menabung dan berjuang dari sekarang untuk masa depanmu dan keluargamu kelak!
Tidak berani mencoba hal yang sebenarnya sangat ia inginkan
Penyesalan terbesar seseorang bukan terjadi karena ia telah melakukan sesuatu kesalahan yang sangat fatal, tetapi karena ia berhenti mencoba atau bahkan nggak berani mencoba apa yang sebenarnya sangat ia ingin lakukan. Banyak dari mereka merasa nggak sanggup sebelum mencoba karena takut gagal. Padahal, kegagalan yang akan dialami setidaknya akan lebih melegakan ketimbang rasa penasaran karena belum pernah mencoba.
Nggak menjaga kesehatan sejak muda
Memang sih umur di tangan Tuhan. Tapi, hidup sembarangan di masa muda juga akan berakibat pada kesehatan di masa tua. Mungkin, saat ini kamu merasakan kenikmatan saat kamu merokok atau minum minuman beralkohol. Namun saat tua nanti, kamu bakal merasakan betapa tersiksanya hidupmu karena komplikasi penyakit yang kamu derita. Jika hal ini nggak membuatmu takut, bayangkan jika kamu baru menikah dan memiliki anak. Di saat anakmu baru berusia 5 bulan, kamu didiagnosa penyakit kanker liver dan berpotensi terkena sakit jantung. Bayangkan betapa menyedihkannya saat kamu harus meninggalkan pasanganmu dan anakmu di usia yang masih belia karena kebodohan masa muda yang seharusnya nggak perlu terjadi jika kamu hidup sehat sejak muda.
Itulah beberapa penyesalan terbesar yang dialami manusia di usia senja. Ingat, hidup ini adalah pertanggungjawabanmu dengan Tuhan. Segala hal yang kamu lakukan di Dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Setidaknya, segala hal diatas bermaksud untuk membuatmu bahagia dan hidup tanpa penyesalan di kemudian hari.
(YS)
Cover: freepik

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *