Biar Nggak Dianggap Kecil Mulu, Ini Langkah untuk Menjadi Dewasa

Please log in or register to like posts.
News
Capek nggak sih kalau dianggap sebagai anak kecil mulu? Emang sih masih SMA, tapi kan kedewasaan nggak diukur dari umur. Mau umurnya sudah 100 pun, kalau nggak bersikap dewasa tetap saja nggak dianggap dewasa. Huft…
Benar sih, dewasa itu nggak bisa dilihat dari jumlah umur seseorang.  Karena kedewasaan ini dilihat dari bagaimana kamu bersikap dalam situasi tertentu. Menurut keterangan beberapa ahli, mereka sepakat untuk mengatakan kalau kedewasaan adalah suatu kemampuan seseorang untuk berpikir secara bijak, terlepas dari seberapa jumlah usia seseorang. Nah, biar nggak dikatain masih anak kecil, ini ada tips bagaimana kamu bisa bertumbuh jadi orang yang lebih dewasa.
Ambil kesempatan dan kerjakan yang ada
Perlu sih mempertahankan idealisme dalam mengerjakan apa yang kamu inginkan. Tapi jangan lupa, mencari yang nggak ada akan memakan lebih banyak waktu. Sebaliknya, kerjakan apa yang saat ini bisa kamu kerjakan. Saat kamu masih memiliki kesempatan untuk sekolah, belajarlah dengan serius. Jangan buang waktumu percuma hanya karena kamu menganggap “sekolah bukan gue banget”.
Biarkan kejutan datang di hidupmu
Sehebat apapun seseorang berencana, pasti ada kalanya suatu peristiwa nggak berjalan dengan apa yang kamu rencanakan. Maka dari itu, belajarlah sedikit lebih fleksibel dan melakukan ‘improvisasi’ dalam hidup. Mulai sekarang, biasakan diri untuk nggak kaget ketika suatu yang direncanakan nggak berjalan semestinya. Dan terkadang, ‘kejutan’ ini juga diperlukan untuk membawa dirimu ke arah yang lebih positif, lho.
Siap mengambil keputusan dengan kepala dingin
Percayalah, hanya kamulah yang berhak mengambil keputusan untuk hidupmu sendiri, bukan orang tuamu, ataupun orang lain. Tetapi hal ini bukan berarti kamu nggak mendengarkan masukan dan nasihat yang mereka berikan. Ingat, setiap keputusan pasti akan berdampak untuk hidupmu, entah itu baik ataupun buruk. Oleh karena itu, jangan mengambil keputusan saat perasaan dan emosimu sedang dominan. Sebaliknya, ambil keputusan saat kamu sudah mengetahui setiap risiko yang akan terjadi dari beberapa pilihanmu.
Menghargai diri sendiri
Salah satu langkah yang gampang-gampang susah untuk menjadi dewasa adalah mencintai dan menghargai diri sendiri. Menekan diri untuk menjadi lebih baik itu penting, tapi jangan lupa kalau kamu juga harus bangga dan mensyukuri apa yang sudah kamu capai dan lakukan selama kamu hidup. Percayalah, dirimu sama berharganya dengan orang lain. Jangan biarkan tekanan dari luar menurunkan kualitas dirimu.
Beberapa hal diatas adalah kunci agar kamu bisa melangkah untuk menjadi lebih dewasa. Yuk, sama sama belajar menjadi lebih baik!
(YS)
Cover: MomJunction

Reactions

11
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

11
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *