Image and video hosting by TinyPic

Biar Nggak Depresi, Ini Cara yang Bisa Membantumu Atasi Trauma Bullying

Please log in or register to like posts.
News
Beberapa dari kita pasti pernah mengalami bullying. Bully sendiri merupakan perbuatan negatif yang bermaksud untuk merendahkan orang lain. Dan nggak hanya fisik, bully juga bisa dilakukan secara verbal dalam bentuk hinaan atau bahkan ancaman. Hiii…
Tanpa disadari, tindakan ini tentunya berpotensi melukai korbannya sangat dalam. Dan nggak sedikit yang akhirnya mengalami trauma hingga menyebabkan depresi serius yang berkepanjangan. Jika kamu pernah menjadi korban bully sebelumnya, kamu nggak perlu takut. Hal-hal positif ini mungkin bisa mengubah rasa trauma akan bullying menjadi rasa percaya diri.

 

Tekuni hobi
Hobi adalah aktivitas yang paling tepat untuk menghilangkan penat dalam pikiran. Lewat hobi, kamu bisa berekspresi sekaligus mengurangi tingkat depresi dalam dirimu. Selain itu, hobi juga bisa mengembalikan semangat di tengah tekanan dari lingkungan luar. Jadi, nggak ada salahnya meluangkan satu atau dua jam untuk menekuni hobimu.

 

Olahraga
Olahraga sangat berguna untuk memperkuat diri kamu. Eits, kuat yang dimaksud bukan untuk membalas orang-orang yang menekanmu dengan kekerasan, ya. Mau bagaimanapun, nggak ada tuh pembenarannya jika membalas perbuatan salah dengan hal yang salah. Maksudnya, olahraga itu sangat bagus untuk kesehatan kamu. Selain itu, olahraga juga bisa meredakan stres. Hal ini dikarenakan olahraga mamppu menurunkan tekanan darah serta hormon depresan yang ada di dalam tubuh.

 

Belajar menerima dirimu apa adanya
Salah satu hal yang membuat para korban bully terjebak dalam depresi yang berkepanjangan adalah pola pikirnya sendiri. Tanpa disadari, para korban bully akan ‘meng-iyakan’ label yang diberikan oleh si pelaku. Akibatnya, kamu merasa jadi orang yang paling jelek dan paling buruk. Padahal, semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mau bagaimana pun, kita nggak bisa meminta semua orang untuk mencintai kita. Tapi yakin dan percaya, ada Tuhan yang selalu mencintai kamu. So, kenapa kamu nggak mencintai dirimu sendiri?

 

Mulai pergaulan yang positif
Ingat, nggak semuanya menjadi salahmu, kok. Mungkin memang kamu masuk dalam lingkungan pergaulan yang cukup toxic dan membuat hidupmu nggak berkembang. Hindarilah lingkungan yang seperti ini dan mulailah mencari lingkungan pergaulan yang dapat membuatmu nyaman dan berkembang menjadi pribadi yang positif. Jika kamu tidak pernah mencoba untuk speak up pada kasus bullying yang kamu terima, ada baiknya kamu berbagi cerita pada keluarga atau teman yang kamu percaya. Menceritakan beban yang selama ini kamu pendam akan membantumu keluar dari trauma masa lalu.

 

Minta kekuatan pada Tuhan
Mungkin terdengar klise, tapi Tuhan selalu menunggumu untuk berbicara dengan-Nya, lho. Dengan berdoa kepada Tuhan, kamu pasti diberikan kekuatan untuk menghadapi semuanya. Mungkin keadaan tidak berubah, tapi saat kamu memiliki hati yang damai bersama Tuhan, respons kamu terhadap suatu masalah yang biasanya memberatkan pikiranmu pun juga ikut berubah.
Itulah beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk mengatasi trauma bullying yang pernah kamu alami. Cobalah untuk mempraktekkan cara-cara tersebut dengan rutin agar trauma yang kamu miliki bisa sembuh secara perlahan. Semoga bisa membantu, ya!
(YS)
Cover: k12insight.com

Reactions

0
3
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

3

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *