Image and video hosting by TinyPic

Biar Basa-basimu Nggak Basi, Ini Beberapa Kalimat yang Harus Kamu Hindari

Please log in or register to like posts.
News
Indonesia terkenal dengan budaya basa-basinya. Bisa jadi inilah yang membuat Indonesia menjadi negara paling ramah di Dunia. Sebenarnya nggak ada yang salah dengan basa-basi. Namun, basa-basi yang berlebihan bisa bikin percakapanmu beneran basi. Bahkan nggak jarang orang justru tersakiti karena kalimat yang sebenarnya hanya sekadar bahan untuk memancing pembicaraan seperti beberapa kalimat berikut ini.
“Sekolah di mana? Ikut ekskul apa di sekolah?”
Untuk beberapa orang, sekolah adalah hal yang mewah. Bisa jadi ketika kamu bertanya tentang hal ini dia jadi minder karena bersekolah di tempat yang nggak sebagus orang lain. Atau bisa jadi dia nggak bisa ikut ekskul apapun karena harus bekerja setelah bersekolah.
“Sudah dapat kerja belum?”
Tapi jika sudah menyangkut pekerjaan, beberapa orang cukup sensitif atau minder mengenai hal ini. Mungkin biar lebih enak pertanyaannya, coba tanyakan “Lagi sibuk apa nih sekarang?”.
“Udah punya pacaran belum?”
Buat mereka yang sudah punya pacar sih bisa jawab dengan santai. Tapi buat mereka yang masih memprioritaskan hal lain selain pacaran (atau masih kesulitan dapat pacar), pertanyaan ini cukup menyebalkan. Kalau emang nggak niat jadi pacarnya, jangan tanya pertanyaan ini deh, hehehe.
Ternyata banyak juga ya basa-basi yang bisa menyinggung orang lain. Bukan hanya menyinggung, kadang juga memberi kesan bahwa hidup ini seperti harus melakukan hal-hal yang dianggap wajar oleh masyarakat. Seolah melakukan hal yang berbeda itu menjadi salah, gak wajar, atau aneh.
Misalnya, kalau lulus kuliah itu ya harus cepat dapat kerja. Padahal kan mencari pekerjaan juga sebaiknya yang sesuai dengan ekspektasi, keahlian, dan minat. Nggak mudah dong pastinya. Orang menikah juga seolah harus langsung hamil. Padahal kenyataannya nggak semudah itu. Yuk, mulai dari diri sendiri untuk menghindari beberapa kalimat basa-basi tadi.
(YS)
Cover: virgin.com

Reactions

7
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

7

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *