Beberapa Jenis Bully yang Perlu Kamu Ketahui. Jangan-jangan Kamu Mengalaminya Selama Ini

Please log in or register to like posts.
News
Dari hari ke hari masalah bullying nggak pernah berhenti dibahas. Bukan hanya karena praktiknya yang semakin marak, tetapi media yang digunakan pun semakin beragam. Ditambah lagi, korban akibat tindakan ini pun semakin banyak.
Selain hal di atas, ada lagi hal yang lebih menyedihkan yaitu orang yang menjadi korban bullying nggak sadar kalau dia sedang mengalami bullying. Nah, menurut psikolog klinis Liza Djaprie yang dikutip dari glitzmedia.co, terdapat beberapa jenis bullying yang bisa terjadi pada remaja dan anak muda.
Source: simplemost.com
Physical Bullying
Physical bullying adalah perundungan atau kekerasan yang dilakukan secara fisik. Misalnya, kamu yang pernah dilabrak oleh kakak kelas dan mengalami pukulan hingga tendangan pada tubuhmu. Untuk kategori ini, korbannya lebih mudah terdeteksi karena ada bekas luka yang ditinggalkan.
Source: bullycrisis.com
Sexual Bullying
Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar sexual bullying? Nggak hanya tindakan pemerkosaan, tetapi cat calling, meraba bagian tubuh, hingga pelecehan di depan umum termasuk dalam perundungan yang satu ini.
Source: verywellfamily.com
Prejudical Bullying
Indonesia terdiri dari banyak suku, bahasa, serta agama. Nah, untuk kamu yang sering bersikap rasis atau memberi label pada teman dengan suku tertentu, hati-hati. Itu juga sudah termasuk tindakan kekerasan alias bullying, lho.
Source: runawayhelpline.org.uk
Verbal Bullying
Walau hanya bercanda, tapi apa yang kamu lakukan ke teman-temanmu itu jahat! Jadi, mulailah untuk memanggil temanmu dengan kekurangannya. Misalnya, si gajah, si pesek, si pendek, dan sebagainya. Biasanya hal ini pasti terjadi di sekolah, katanya sih panggilan sayang. Tapi, tahukah kamu kalau kata-kata itu didengar bertahun-tahun maka hal itu berpotensi menyebabkan perasaan rendah diri dan menjadi trauma hingga temanmu dewasa?
Source: foothilldragonpress.org
Cyber Bullying
Ini adalah kasus perundungan atau bullying yang rasanya kini paling sering kamu alami. Kemajuan tekhnologi nyatanya nggak membuat orang jadi lebih bijaksana dalam menggunakan jari-jarinya dalam memberikan komentar. Bayangkan saja, kamu tidak harus bertatap muka, kenal pun tidak. Tapi, kamu nggak berhenti melakukan cacian hingga komentar negatif dengan menyebutkan nama-nama binatang sebagai wujud eksistensi atau sekadar cari perhatian. Dan menurut Liza, jenis bully yang satu ini sekarang menjadi salah satu penyebab terbesar dari kasus bunuh diri.
Nah, sudah tahu kan jenis-jenisnya? Yuk, kita jadi orang yang lebih bijaksana lagi dalam menjalani hidup. Daripada sibuk membicarakan kekurangan orang lain dan menghinanya, kenapa kita nggak lebih sibuk untuk mencari hal-hal yang bisa membangun diri kita. Salah satunya dengan menjadi agen perubahan bersama Superyouth Generation.
Dengan mendukung tayangan Superyouth Generation yang tayang setiap Sabtu pukul 10.00 WIB, kamu sudah menjadi bagian dari perubahan positif untuk anak muda. Bagaimana caranya? Mudah! Kamu cukup berdonasi dan langsung mendapatkan merchandise spesial dari Superyouth. Langsung saja hubungi ke 081912478185 dan jangan tunda perbuatan baikmu!
(ERN/ERN)
Cover: youngminds.org.uk

Reactions

10
1
0
5
0
1
Already reacted for this post.

Reactions

10
1
5
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *