Baru Berusia 16 Tahun, Greta Thunberg Masuk Nominasi Nobel Perdamaian

Please log in or register to like posts.
News
Apa yang bisa lakukan oleh remaja di usia 16 tahun? Main Instagram? Nongkrong di kafe yang instagramable bareng teman-teman sekolah? Hmm, bagaimana kalau keliling dunia, meyakinkan perusahaan dan para pemimpin dunia untuk mengunakan praktik-praktik yang lebih ramah lingkungan dan masuk dalam nominasi Nobel Perdamaian? Yep, inilah yang dilakukan oleh remaja asal Swedia, Greta Thunberg di usianya ke-16.
Di usianya yang sangat muda, Greta dapat memberikan inspirasi nggak cuma untuk anak muda, namun seluruh orang di dunia. Salah satu langkah yang membuatnya berhasil masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi di dunia ini adalah saat ia meyakinkan Swedia, negara asalnya untuk peduli terhadap perubahan iklim. Greta percaya, satu orang pun dapat melakukan perubahan. Semua itu terbukti dari aksi yang ia lakukan.
Pada usia 15 tahun, ia bolos sekolah setiap Jumat. Tapi bolos yang dilakukan Greta bukan untuk nonton bioskop, ke rumah teman, atau pergi ke warnet, lho. Setiap hari Jumat di luar gedung Parlemen Swedia, ia memimpin gerakan kampanye kesadaran tentang perubahan iklim yang terjadi di Dunia. Semua itu ia lakukan untuk menyadarkan kepedulian orang banyak terhadap perubahan iklim ini.
Source: greenmatters.com
Lewat aksi tersebut, Greta menginspirasi banyak anak muda di dunia. Aksi serupa pun dilakukan di Ingris, Belgia, Austria, dan Jepang.
Jika Greta berhasil memenangkan penghargaan ini, maka ia akan menjadi orang termuda yang pernah menerima penghargaan Nobel Perdamaian ini. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Malala Yousafzai yang mendapatkan penghargaan ini di usianya yang ke-17 tahun.
Namun, kemenangan Greta masih belum dipastikan. Nggak cuma beberapa orang, Greta masuk nominasi bersama dengan 301 tokoh lainnya. Proses penilaian pun masih berjalan tujuh tahun ke depan. Baik menang atau nggak, nyatanya Greta tetap menginspirasi banyak orang untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Yuk, sama-sama menginspirasi!
(YS)
Cover: www.newyorker.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *