Bakal Menjadi Platform Baru, Ini 6 Alasan Kamu Harus Coba Nge-Podcast

Please log in or register to like posts.
News
Sempat ditinggalkan, dunia saat ini sedang kembali bereksperimen dengan platform audio. Dan nyatanya, podcast di Indonesia sudah menjadi tren dan progres peminatnya pun terus menanjak. Nah… nggak ada salahnya untuk terjun ke ranah podcast, nih.
Ada 6 faktor yang bisa kamu pertimbangkan sebelum masuk ke dalam ranah berbasis audio ini. Sudah siap?
Konten audio dapat dinikmati saat sibuk sekalipun
Nggak seperti video kebanyakan, fokus utama konten-konten podcast adalah audio. Kamu memang bisa menikmati podcast sambil merekam muka kamu seperti vlog atau livestreamning. Namun visual memang bukan yang dicari dalam podcast. Karena itulah podcast bisa dinikmati saat melakukan kesibukan sehari-hari. Layaknya radio, podcast dapat dinikmati saat pendengarmu sedang sibuk belajar, atau sedang mengerjakan pekerjaan rumah. Bahkan nggak sedikit juga mereka sengaja mendengarkan podcast karena ingin mempelajari konten informatif yang dibagikan.
Nggak perlu modal besar
Selain bisa dinikmati menggunakan smartphone, podcast juga bisa kamu buat menggunakan gadget pintar ini. Jika memang modal terbatas, kamu bisa menggunakan earphone bawaan yang biasa didapat saat membeli smartphone untuk merekam suara. Untuk kebutuhan rekaman serta editing audio, kamu juga bisa manfaatkan aplikasi bawaan atau download di berbagai store aplikasi. Jangan lupa tentukan platform mana yang bakal kamu pakai untuk meng-upload hasil podcast-mu.
Waktu fleksibel dalam menciptakan konten
Nggak seperti radio yang memiliki jadwal tetap, kita dapat melakukan rekaman dengan memanfaatkan waktu senggang. Fleksibilitas menggarap konten memudahkan kita mengatur waktu sehingga aktivitas lain nggak sampai terganggu. Namun meski fleksibel, konsisten membuat konten dan mengatur kapan waktunya unggah tetap diperlukan agar makin banyak pendengar konsisten menunggu konten podcast kamu.
Peluang dikenal banyak orang dan menambah relasi
Meski hanya menyapa lewat suara buka berarti seorang podcaster nggak berpeluang dikenal banyak orang, lho. Justru dari suara serta konten-konten menarik yang dibawakan dapat menimbulkan rasa penasaran di benak pendengar. Dari hal tersebut, orang akan mencari tahu siapa di balik konten podcast. Selain dikenal pendengar, podcast juga membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak yang bahkan belum pernah ditemui sebelumnya.
Kesempatan untuk memperoleh uang
Menciptakan konten-konten menarik secara konsisten tak hanya mendatangkan lebih banyak pendengar. Kerja sama yang bernilai pundi-pundi uang juga terbuka. Meski belum menerapkan sistem iklan layaknya video di YouTube, kamu tetap bisa memperoleh pemasukan dengan mengambil tawaran mengiklankan produk tertentu dengan cara adlibs.
Industri podcast yang kini mulai menggeliat di Indonesia menjadi kesempatan besar untuk kamu unjuk keterampilan.Bukan nggak mungkin suatu saat podcast akan mendapat perhatian lebih dari banyak orang. Selamat mencoba!
(YS)
Cover: lullabot.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *